Langsung ke konten utama

Imam Ahmad bin Hambal (9 April 2014)



Biografi Singkat Imam Ahmad
         Nama asli
         Ahmad bin Muhammad bin Hambal
         Keturunan Arab, lahir di Kota Salam, Baghdad tahun 164 H
         Nasabnya bertemu dengan Rasulullah pada Nizar bin Ma’ad bin Adnan

         Pengembaraan Ilmu
         Belajar Fiqh pada ahli ra’y, diantaranya Abu Yusuf (murid Abu Hanifah)
         Belajar hadist pada Hisyam bin Basyir bin Abi Khazin al-Washiti, tokoh hadist Baghdad
         Selama 4 tahun belajar hadist, dan menulis kurang lebih 300.000 hadist
         Dari tahun 179-186 H, belajar hadist di banghdad, kemudian ke Bashrah, Hijaz, Yaman, Kufah, dan tempat lain.
         Berguru pada Syafi’i
         Berguru pada Imam Syafi’i mengenai ushul Fiqh

Karya Imam Ahmad bin Hambal
}  Al-Musnad, berisi 40.000 hadist yang diseleksi dari 700.000 hadist.
}  Al-Zuhd; al-Shalat; al-Manasik al-Kabir; al-Manasik al-Shaghir; al-Tarikh; al-Nasikh wa al-Mansukh; al-Muqaddam wal al-Muakhar fi Kitabillah; dan Fadhail al-Shahhah

Menetang Mu’tazilah dan Kekuasaan
}  Imam Ahmad tidak mau mengikuti madzhab negara, pada masa pemerintahan Al-Ma’mun.
}  Mu’tazilah berpendapat bahwa Al-Qur’an adalah mahluk, namun Imam Ahmad tidak menyepakatinya.
}  Dipenjarakan Al-Ma’mun, hingga pemerintahan Al-Mu’tashim.
}  Imam Ahmad dipaksa untuk mengakui paham Mu’tazilah. Ia dicambuk, disiksa, dan dilukai dengan pedang.
}  Imam Ahmad terbebas dari penjara masa pemerintahan Al-Mutawakkil.

Dasar Madzhab Hambali
         Nushus: Al-Qur’an , Sunnah, dan Nash Ijma’
         Fatwa Sahabat : Apabila terjadi perbedaan kembali pada pendapat yang lebih dekat dengan Al-Qur’an dan Sunnah; Jika masih tidak jelas, Imam Ahmad hanya diam
         Istinbath: Istihsan, Sadd al-Dara’i, Istihsan, dan Maslahah Mursalah

Komentar

  1. Nama: Handayani
    NIM : 111 11 140
    Kelas : B

    Jadi berdasarkan pada dasar-dasar mazhab hanbali tersebut beliau tidak menyebutkan ijma', al mashalih al mursalah, istihsan, adz dzara'i ,dan istishab yang sudah sangat populer. Pada dasarnya beliau tetap menilai qiyas sebagai salah satu dasar fatwa beliau meletakkan dalm urutan terakhir hanya dalam kondisi darurat.

    BalasHapus
  2. Nama : Miftakhun Nurul Jannah
    Nim : 111-11-011
    kelas : D

    Imam ahmad bin hambal tidak setuju dengan adanya paham mu'tazilah dan kekuasaannya, dan imam ahmad bin hambal pernah tidak setuju dengan mazhab negara pada pemerintahan al-ma'mun. dan imam ahmad bin hambal sampai-sampai pernah dicambuk dilukai dengan pedang gara-gara imam ahmad tidak mau mengakui adanya paham mu'tazilah tersebut.

    BalasHapus
  3. nama :abdul ckamim
    nim :11111075
    kelas :B
    Ada yang mengatakan bahwa imam Hambali itu hafal 1 juta hadits, apakah hadits tersebut shoheh semua atau bagaimana ya?
    lebih hati-hati mana antara Imam Hambali Dengan Imam Syafi'i dalam Hukum Fiqih?

    BalasHapus
  4. Mazhab hambali adalah mazhab resmi dari pemerintahan Saudi Arabia.Hal tersebut tidak terlepas dari jasa para ulama yang telah mengembangkan mazhab Imam Ahmad ibn Hambal antara lain: al-Atsram Abu Bakar Ahmad ibn Hardi al-Khurasaniy, Ahmad ibn Muhammad ibn al-Hajjaj al-Mawarniu, Ibn Ishaq al-Harbiy, al-Qasim Umar ibn Ali Husein al-khiraqy, Abd Azis ibn Ja'far dan sebagai penerus mereka Muwaffaqu al-Din, Ibn Qudamah dan Syamsu al-Din ibn Qudamah al-Maqdisiy.

    Sabudi Laksana 111 09 111

    BalasHapus
  5. yuli hastuti
    11111050
    kelas; C
    imam ahmad mempunyai gaya hidup yang sederhana. sejak kecil beliau telah menunjukkan sifat dan pribadi yang mulia, sehingga menarik simpati banyak orang.imam ahmad juga mengoleksi hadist yang berpotensi sebagai hujjah,

    BalasHapus
  6. Nur Anisah 111 11 141
    Imam Hambali termasuk golongan ahli hadis, dasar madzhab hambali adalah al-Qur'an, sunah, fatwa sahabat . Imam Hambali terkenal sebgai seorang imam yang menjauhkan diri dari qiyas, dan berpegang kuat pada nash al-Qur'an dan hadis.
    salah 1 pendapatnya adalah nishob harta curian yang pencurinya harus di kenai sanksi potong tangan adalah seperempat dinar/ 3 dirham.
    dan beliau memiliki musnad, madzhab hambali tersebar di berbagai negeri islam seperti Iraq, Mesar, semenanjung Arab dan Syam

    BalasHapus
  7. Nama : Fenny Riskya
    Nim : 111-11-112
    Kelas : D

    Pertanyaan : Apa alasan-alasan Mazdhab Hambali dalam menentang mu'tazilah dan kekuasaannya ? ... dan bagaimana cara menentangnya ?....

    BalasHapus
  8. Faizatul ummah (11111096) Pai D

    Apakah Al-Musnad,yang berisi 40.000 hadist yang diseleksi dari 700.000 hadis itu dibukukan?

    BalasHapus
  9. Siti Asiyah 111-11-014
    imam hambali merupakan seorang ahli sunnah dan ahli atsar, dan beliau sangat keras dalam penggunaan ro'yu maka dengan demikian imam hambali paling keras terhadap taklid buta dan orang yang bertaklid terhadap urusan agama.

    BalasHapus
  10. Achmad Rifai 111-11-028
    Imam Hambali merupakan Imam yang mmpunyai pendirian yang teguh. karena Beliau tidak mau mengikuti madzhab pada masa pemerintahan Al-ma'mun, beliau juga dipaksa untuk mengakui paham terhadap mu'tazilah, sampai beliau disiksa, dirajam, dan dilukai pedang.

    BalasHapus
  11. NAMA : RIF'AH MUNAWAROH
    NIM : 11111047
    KELAS : B

    Madzab Hanbali tersebar di berbagai negeri Islam, antara lain: Irak, Mesir, Semenanjung Arab, dan Syam. Selanjutnya dengan kemunculan Imam Muhammad bin Abdul Wahab pendiri dakwah salafiyah yang wafat pada tahun 1206 H, madzab Hanbali menjadi madzab resmi Kerajaan Saudi Arabia sampai sekarang. (Khalil, 2009: 200).

    BalasHapus
  12. Ika Khusnul Fadhilih (111-11-049) Kelas D
    Imam Ahmad tidak mau mengikuti madzhab negara, pada masa pemerintahan Al Ma’mun. Apa alasan atau yang melatar belakingi Imam Ahmad tidak mau mengikut madzhab tersebut?

    BalasHapus
  13. NUR LAELI FARHATI 111-11-195

    Menagapa imam Hambali tidak mau mengikuti madhab negara, sehingga beliau harus bertentangan dengan mu'tazilah?

    BalasHapus
  14. siti nina nur annisa
    111-11-041
    kelas C

    Imam ibn hambal juga terkenal sebagai orang yang zuhud dan wara', bersih hatinya dari segala macam pengaruh kebendaan serta menyibukkan diri dengan dzikir dan membaca Al qur'an atau menghabiskan agama dan mengikisnya dari kotoran-kotoran bid'ah dan pikiran-pikiran yang kotor.

    BalasHapus
  15. imam ibn hambal juga terkenal sebagai orang yang zuhub dan wara', bersih hatinya dari segala macam pengaruh kebendaan serta menyibukkan diri dengan dzikir dan membaca al qur'an atau menghabiskan seluruh usianya untuk membersihkan agama dan mengikisnya dari kotoran-kotoran bid'ah dan pikiran-pikiran yang sesat.

    BalasHapus
  16. siti nina nur annisa
    111-11-041
    kelas C

    Imam ibn hambal juga terkenal sebagai orang yang zuhud dan wara', bersih hatinya dari segala macam pengaruh kebendaan serta menyibukkan diri dengan dzikir dan membaca Al qur'an atau menghabiskan agama dan mengikisnya dari kotoran-kotoran bid'ah dan pikiran-pikiran yang kotor.

    BalasHapus
  17. siti nina nur annisa
    111-11-041
    kelas C

    Imam ibn hamabal terkenal sebagai orang yang zuhud dan wara', sehat hatinya dari segala macam pengaruh kebendaan serta menyibukkan diri dengan dzikir dan membaca Al Qur'an atau menghabiskan seluruh usianya untuk membersihkan agama dan mengikisnya dari kotoran-kotoran bid'ah dan pikiran-pikiran yang sesat.

    BalasHapus
  18. Imam ibn hamabal terkenal sebagai orang yang zuhud dan wara', sehat hatinya dari segala macam pengaruh kebendaan serta menyibukkan diri dengan dzikir dan membaca Al Qur'an atau menghabiskan seluruh usianya untuk membersihkan agama dan mengikisnya dari kotoran-kotoran bid'ah dan pikiran-pikiran yang sesat.

    BalasHapus
  19. khusnul Afifah 111-11-199
    konflik yang muncul setelah adanya pertentangan antara imam ahmad dan muktazilah bagaimana

    BalasHapus
  20. imam hanbali dikenal ahli dan pakar hadis ini sangat memberikan perhatian besar pada ilmu yang satu ini.kegigihan dan kesungguhan sangat melahirkan beberapa ulama dan perawi hadis terkenal misalnya:imam bukhari, imam muslim menjadi kitab hadis yang standar yang menjadi rujukan umat islam diseluruh dunia dalam memahami ajaran islam.

    BalasHapus
  21. mengapa Imam Ahmad tidak mau mengikuti madzhab negara, pada masa pemerintahan Al-Ma’mun??

    Zulaikhah sri wulandari
    11111097

    BalasHapus
  22. Diantina Basiroh 11111064

    maaf Pak, mau menambahkan sedikit mengenai akhlaq Imam Ahmad yang bisa kita petik yaitu walaupun berbeda pendapat dengan guru beliau (Imam Syafi'i) Imam Ahmad selalu mendoakan Imam Syafi'i selama 40 tahun. seperti dalam Manaqib As Syafi’i lil Baihaqi, hal. 254, berkata Ahmad bin Al Laits: “Aku mendengar Ahmad bin Hambal berkata: “Aku akan benar-benar mendo’akan Syafi’i dalam shalatku selama 40 tahun, aku berdoa: ”Ya Allah, ampunilah diriku dan orang tuaku, dan Muhammad bin Idris Asyafi’i.”

    BalasHapus
  23. SETYA UTAMI 111-11-044 PAI D

    Berikan contoh ajaran dari madzhab hambali!

    BalasHapus
  24. Pak saya kurang paham tetang apa yang dimaksud dengan ahli ra'y dan Sadd al-Dara'i dalam dasar hukum imam Hambali?? terima kasih
    Usriya Hidayati 11111068 Kelas D

    BalasHapus
  25. Nama : Siti Rohatun
    Nim : 11110153

    Pak.saya mau tanya.tadi di atas di jelaskan bahwa imam Hambal pernah berguru ushul fiqih pada imam Syafi'i..yang saya tanyakan.. Apakah pemikiran ushul fiqih imam syafi'i dengan imam hambal sama? kalau iya jelaskan kalau tidak jelaskan. trimakasih.balas

    BalasHapus
  26. siti masitoh
    11111197 kelas B

    maaf pak,, guru dari ibnu hambal siapa saja selain berguru kpda safi'i
    jika dlm buku yag saya baca ada Abi Yusuf Yakub bin Ibrahim Al-Qadhi seorang rekan Abu Hanifah, yang dianggap sebagai guru yg pertama,,
    lalu adakah guru-guru lainya pak??

    terimakasih

    BalasHapus
  27. Dari dasar mazhab hanbali tersebut dapat disimpulkan bahwasannya beliau tidak menyebutkan ijma',al mashalih al mursalah,istihsan,istishab,adz dzara'i,dan istishab yang sudah sangat populer bagi para fuqaha.

    BalasHapus
  28. Nama:fajriyatur rofikoh
    Nim:11111122
    kelas:b
    mengapa imam ahmad tidak menyepakati pendapat mu'tazilah bahwa Al-Qur'an adalah makhluk?

    BalasHapus
  29. Nama : Ulil Maunatul Choiriyah
    NIM : 111-11-143
    Kelas : C

    Imam Ahmad bin Hambal adalah murid paling cendekiawan. Sikapnya menghadapi sidang pengadilan dan menanggung petaka akibat tekanan khalifah Abbasiyyah selama 15 tahun karena menolak doktrin resmi Mu'tazilah merupakan saksi hidup watak agung dan kegigihan yang mengabdikannya sebagai tokoh besar sepanjang masa. Yang tak lain adalah guru Imam Hanbali. Menurut Syafi'i, perjuangan mempertahankan keyakinan yang tak sesuai dengan pemikiran seseorang, selalu menghadapi risiko antara hidup dan mati. Imam Hanbali yang dikenal ahli dan pakar hadits ini memang sangat memberikan perhatian besar pada ilmu yang satu ini. Kegigihan dan kesungguhannya telah melahirkan banyak ulama dan perawi hadits terkenal semisal Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Abu Daud yang tak lain buah didikannya.

    BalasHapus
  30. Nama : Sutarmi
    Nim : 111-11-121
    Kelas : B
    Mengapa Imam ahmad dipaksa untuk mengakui paham Al-Mu'tazilah, sampai disiksa,dicambuk, dan dilukai dengan pedang?

    BalasHapus
  31. Nama: Eva Intan Sari
    Nim: 111 11 153

    Imam Hambal mungkin menentang pemerintah berkuasa karena menggunakan dalil agama untuk mengokohkan kekuasaan. Mungkin bagi beliau makhluk adalah sesuatu yang hdup dan kemudian mati. Al Qur'an tida hidup tidak pula mati karena Al Qur'an adalah wujud firman Allah yang disampaikan melalui Rasulullah. Saya ingin bertanya pak, mengenai pengertian makhluk oleh mutazilah?

    BalasHapus
  32. Imam Ahmad tidak mau mengikuti madzhab negara yaitu mu'tazilah pada masa al Ma'mun. Musnad imam Ahmad berisi 40.000 hadist yang diseleksi dari 700.000 hadits,apa ketentuan dalam menyeleksi hadits tersebut?jenis hadits apa yang dterima oleh Imam Ahmad?

    Nama: etik handayani
    NIM: 111 11 162
    Kelas: C

    BalasHapus
  33. Nama : Izatunnisa
    NIM : 111-11-156

    pak saya mau bertanya di negara mana saja mahdzhab syafi'iyah di gunakan selain indonesia ?.
    trimakasih

    BalasHapus
  34. Nama : wisnu ginanjar
    NIM : 111-11-105

    pak saya ingin bertanya, apakah ada kesamaan antara mahdzhab hambali dengan mahdzhab yang lainnya, dan di negara mana saat ini yang masih menggunakan madzhab hambali.?
    Trimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  35. Nama : Izatunnisa
    NIM : 111-11-156

    Mazhab Hambali / Imam Ahmad bin Hanbal dicetuskan oleh Ahmad bin Muhammad Hanbal bin Hilal. Dasar-dasarnya yang pokok ialah berpegang pada :

    al-Qur-an
    Hadits marfu'
    Fatwa sahabat dan mereka yang lebih dekat pada al-Qur-an dan hadits, di antara fatwa yang berlawanan
    Hadits mursal
    Qiyas
    Mazhab ini dianut kebanyakan penduduk Hejaz, di pedalaman Oman dan beberapa tempat sepanjang Teluk Persia dan di beberapa kota Asia Tengah.

    BalasHapus
  36. Nama: Yuanita
    NIM: 111 11 218
    apa alasan imam hambal dipenjarakan?
    apakah hanya karena beliau menentang mu;tazilah atau ada alasan lain yang menyebabkan beliau dipenjara?

    BalasHapus
  37. Ana Soraya 111 11 138 PAI D
    Imam hanbal merupakan ahlul hadits. beliau mengumpulkan hadits dalam kitab al musnad. beliau juga mendapat komentar kurang baik, dikarenakan beliau memakai hadits mursal dan hadits dhoif, padahal menurut imam bin hanbal hadits dhoif bukanlah hadits palsu.

    BalasHapus
  38. nama; Fakhruni Nur Karimah 111-11-170

    imam hambal sangat mencintai ilmu pengetahuan, beliau sosok yang kuat, tegar dalam menghadapi cobaannya.

    yang mau saya tanyakan bagaimana pola pemikiran dan metodenya dalam menetapkan hukum?

    BalasHapus
  39. Aulia sofiana (11111229) kelas C
    Imam Hambali adalah ahli hadist, Beliau belajar hadist selama 4 tahun dan menulis hadist kurang lebih 300.000 hadist.

    BalasHapus
  40. DWI SILVIA ANGGRAINI
    11111095
    KELAS C

    Diantara ulama’- ulama’ Mazhab Hanbali yang bekerjasama mengembangkan mazhab ini adalah seperti :

    (1) Abu Bakar Al-Atsram : Beliau ialah Abu Bakar Ahmad Bin Muhammad Bin Haani’ Al-Khurasaniy Al-Baghdadiy atau lebih dikenali dengan Al-Atsram.Beliau telah meninggal dunia pada tahun 273 hijrah dan beliau merupakan diantara faqih yang paling a’lim yang telah mengembangkan Mazhab Hanbali,beliau juga mempunyai hasil karangan beliau sendiri iaitu : “As-Sunanu Fil Fiqhi ‘Ala Mazhabi Ahmada Wa Syawahidihi Minal Hadith”

    (2) Abu Bakar Al-Khallal : Beliau ialah Abu Bakar Ahmad Bin Muhammad Al-Khallal,beliau meninggal dunia pada tahun 311 hijrah,beliau telah berguru Ilmu Feqh dengan beberapa orang Ashabul Imam Ahmad,beliau juga telah mengembara ke beberapa buah negara dan mengumpulkan segala pendapat-pendapat yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad,dan beliau ada mengarang sebuah kitab yang bertajuk : “Al-Jaamik Al-Kabir”

    (3) Abu Al-Qasim Al-Khirqi : Beliau ialah Abul Qasim Umar Bin Abi Ali Al-Husin Al-Khirqi Al-Baghdadiy yang meninggal pada tahun 334 hijrah,beliau mempunyai banyak hasil karangan seperti kitab : “ Mukhtasaratul Masyhur Fil Feqh” iaitu suatu kitab yang sesuai untuk orang yang baru ingin mengenali mazhab ini,beliau lebih dikenali dengan “Al-Khirqi” (kain perca) kerana beliau dahulunya merupakan penjual kain perca dan pakaian.

    BalasHapus
  41. DWI SILVIA ANGGRAINI
    11111095
    KELAS C

    Diantara ulama’- ulama’ Mazhab Hanbali yang bekerjasama mengembangkan mazhab ini adalah seperti :

    (1) Abu Bakar Al-Atsram : Beliau ialah Abu Bakar Ahmad Bin Muhammad Bin Haani’ Al-Khurasaniy Al-Baghdadiy atau lebih dikenali dengan Al-Atsram.Beliau telah meninggal dunia pada tahun 273 hijrah dan beliau merupakan diantara faqih yang paling a’lim yang telah mengembangkan Mazhab Hanbali,beliau juga mempunyai hasil karangan beliau sendiri iaitu : “As-Sunanu Fil Fiqhi ‘Ala Mazhabi Ahmada Wa Syawahidihi Minal Hadith”

    (2) Abu Bakar Al-Khallal : Beliau ialah Abu Bakar Ahmad Bin Muhammad Al-Khallal,beliau meninggal dunia pada tahun 311 hijrah,beliau telah berguru Ilmu Feqh dengan beberapa orang Ashabul Imam Ahmad,beliau juga telah mengembara ke beberapa buah negara dan mengumpulkan segala pendapat-pendapat yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad,dan beliau ada mengarang sebuah kitab yang bertajuk : “Al-Jaamik Al-Kabir”

    (3) Abu Al-Qasim Al-Khirqi : Beliau ialah Abul Qasim Umar Bin Abi Ali Al-Husin Al-Khirqi Al-Baghdadiy yang meninggal pada tahun 334 hijrah,beliau mempunyai banyak hasil karangan seperti kitab : “ Mukhtasaratul Masyhur Fil Feqh” iaitu suatu kitab yang sesuai untuk orang yang baru ingin mengenali mazhab ini,beliau lebih dikenali dengan “Al-Khirqi” (kain perca) kerana beliau dahulunya merupakan penjual kain perca dan pakaian.

    BalasHapus
  42. LAILATUL MUFIDAH
    11111128
    KELAS D

    saya hanya ingin menambahkan saja pak dari beberapa referensi yang saya terima yaitu karya beliau.
    Ahmad bin Hanbal menulis kitab al-Musnad al-Kabir yang termasuk sebesar-besarnya kitab "Musnad" dan sebaik baik karangan beliau dan sebaik baik penelitian Hadits. Ia tidak memasukkan dalam kitabnya selain yang dibutuhkan sebagai hujjah. Kitab Musnad ini berisi lebih dari 25.000 hadits.
    Di antara karya Imam Ahmad adalah ensiklopedia hadits atau Musnad, disusun oleh anaknya dari ceramah (kajian-kajian) - kumpulan lebih dari 40 ribu hadits juga Kitab ash-Salat dan Kitab as-Sunnah.

    BalasHapus
  43. Siti Zulaikha 11111133
    kelas D
    apa alasan Hambali tidak sepakat dengan pendapat mu'tazilah bahwa al-quran itu adalah makhluk?

    BalasHapus
  44. nama : wawaladun sholichatui yad'ngulahu
    nim : 111-11-202
    kelas : PAI C

    imam ahmad bin hambal Dari tahun 179-186 H, belajar hadist di banghdad, kemudian ke Bashrah, Hijaz, Yaman, Kufah, dan tempat lain. itu berguru dengan siapa?
    padahal Berguru pada Imam Syafi’i mengenai ushul Fiqh saja.

    BalasHapus
  45. nama : Misbakhul M
    NIM : 11111020
    saya mau bertanya, pemikiran dari imam ahmad ini di pengaruhi oleh pemikiran, atau faham apa pak?
    terima kasih

    BalasHapus
  46. M Mukhib
    11111091
    Imam Hambali yang dikenal ahli dan pakar hadits ini memang sangat memberikan perhatian besar pada ilmu yang satu ini. Kegigihan dan kesungguhannya telah melahirkan banyak ulama dan perawi hadits terkenal semisal Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Abu Daud yang tak lain buah didikannya. Karya-karya mereka seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim atau Sunan Abu Daud menjadi kitab hadits standar yang menjadi rujukan umat Islam di seluruh dunia dalam memahami ajaran Islam yang disampaikan Rasulullah SAW lewat hadits-haditsnya.

    BalasHapus
  47. namadari materi diatas dijelaskan tentang hadits karya imam hambal kan pak, dan dari imam2 yang terkenalkan 9 iman itu salah satunya imam hambal seorang pakar hadits terkemuka. yang menjadi pertanyaan apakah hadits dari imam hambal itu ada yang dhoif pak? karena katanya yang kebanyakan shoheh itu hadits karya imam bukhori dan muslim. demikian terima kasih

    BalasHapus
  48. dari materi diatas dijelaskan tentang hadits karya imam hambal kan pak, dan dari imam2 yang terkenalkan 9 iman itu salah satunya imam hambal seorang pakar hadits terkemuka. yang menjadi pertanyaan apakah hadits dari imam hambal itu ada yang dhoif pak? karena katanya yang kebanyakan shoheh itu hadits karya imam bukhori dan muslim. demikian terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL HAKIM, MAHKUM FIH DAN MAHKUM ALAIH

Oleh: Siti Farida Sinta Riyana (11510080); Nur Aufa Handayani (11510081); Ahmad Ali Masrukan (11519985); Mayura (11510096); dan Muryono ( 11511038) A.       Al Ahkam 1.         Pengertian Al-Ahkam (hukum), menurut bahasa artinya menetapkan sesuatu atas sesuatu. Sedang menurut istilah ialah ‘Khithab (titah) Allah Swt. atau sabda Nabi Muhammad Saw. yang berhubungan dengan segala amal perbuatan mukallaf , baik itu mengandung perintah, larangan, pilihan, atau ketetapan.

HUKUM SYAR’I (ا لحكم الشر عي)

OLEH: Ulis Sa’adah (11510046); Langga Cintia Dessi (11510089); dan Eka Jumiati (11510092) A.       HAKIKAT HUKUM SYAR’I Menurut para ahli ushul fiqh (Ushuliyun), yang dikatakan hukum syar’i ialah khitab (sabda) pencipta syari’at yang berkaitan dengan perbuatan orang-orang mukallaf yang mengandung suatu tuntutan, atau pilihan atau yang menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau penghalang bagi adanya sesuatu yang lain.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KHILAFIYAH

Disusun Oleh : Abdul Majid (111-11-074); Irsyadul Ibad (111-11-094);  dan Dwi Silvia Anggraini   (111-11-095) PENDAHULUAN Perbedaan selalu ada dalam kehidupan karena hal ini merupakan sunah Rasul yang berlaku sepanjang masa. Perbedaan juga terjadi dalam segi penafsiran dan pemahaman hukum yang berlaku. Seperti yang kita ketahui hukum tidaklah sekaku dalam hal penerapannya pada masa awal islam, pada masa itu Nabi Muhammad sebagai tolak ukur  dan akhir dari setiap permasalahan yang ada pada masa itu. Akan tetapi perbedaan itu semakin jelas terlihat ketika era para sahabat dan para tabi’in yang ditandai dengan adanya berbagai aliran atau madzhab yang bercorak kedaerahan dengan tokoh dan kecenderungan masing-masing.