Langsung ke konten utama

Imam Malik bin Anas (2 April 2014)



Biografi Imam Malik
         Lahir di Madinah, kakeknya termasuk sahabat Nabi.
         Malik bin Anas bin Malik bin Amir Al-Asbahi (93-179 H).
         Ia pernah belajar pada Rabi’ah bin Abdurrahman, Abdurrahman bin Hurmus (7 thn), Nafi’ bin Umar, dan Ibnu Syihab Zuhri.

         Tidak pernah pergi ke luar Madinah.
         Memiliki pengetahuan yang kuat akan hadits.

Fakta mengenai Imam Malik
}  Ia ahli hadist dan seorang fuqaha yang disegani pada masanya.
}  Abu Hanifah pernah memuji kemampuannya, dengan menyebut sebagai fuqaha yang sangat jitu memberi jawaban dan kritis.
}  Imam Syafi’i pernah berguru pada Imam Malik.
}  Menurut Ibnu Khaldun, Madzhab Maliki banyak berkembang di Maroko dan Andalusia.
}  Hidup; 40 tahun masa pemerintahan Umayyah dan 40 tahun masa Abbasiyah.
}  Mengarang Kitab Al-Muwattha’.

Al-Muwattha’
}  Ditulis pada masa khalifah Abu Ja’far Al-Mansur.
}  Ditulis berdasarkan kebutuhan yang mendesak akan pemahaman fiqh pada masyarakat.
}  Sesuai namanya, Al-Muwattha’ (mudan dan sederhana), kitab ini diperuntuhkan masyarakat.
}  Al-Mansur pernah meminta izin pada Imam Malik untuk meletakkan Al-Muwattha di pintu Ka’bah agar bisa dibaca banyak orang, namun di tolak oleh Imam Malik.

Keistimewaan Al-Muwattha’
}  Ditulis selama 40 tahun.
}  Sistematika fiqhiyah
}  Kitab ini berisi hadist-hadist shahih, perbuatan (urf) orang Madinah, fatwa sahabat dan tabi’in.
}  Merinci persoalan hukum Islam dengan kaidah fiqhiyah yang didasarkan pada fatwa sahabat.

Dasar Ushul Fiqh
Al-Quran
Hadist: Menerima Hadis Ahad asal tidak bertentangan dengan tradisi orang Madinah
Ijma
Ra’y: Maslahah Mursalah, Urf, Sadd al-Dara’i, Istihsan, Istishab

Hal menarik dari Imam Malik
         Urf: Mendahuluhan Urf orang Madinah daripada Qiyas
         Qaul Sahabat: Mendahulukan qaul sahabat daripada qiyas
         Maslahah Mursalah: Semula dikenal sebagai metode Imam Malik tetapi kemudian dipakai oleh banyak imam madzhab
         Hadist Ahad: Menerima hadist Ahad asal tidak bertentangan dengan tradisi (urf) orang Madinah

Komentar

  1. Achmad Rifai 111-11-028
    Imam malik merupakan ahli hadits dan fuqoha, dalam penyelesaian permasalahan tentang hukum islam berdasarkan fatwa para sahabat dan tabi'in. oleh sebab itu beliau disegani banyak orang pada masa itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhammad dai sholih 11110159
      masih bingung tentang
      "Menerima Hadis Ahad asal tidak bertentangan dengan tradisi orang Madinah "
      kemaren kalau tidak salah dengar imam malik hanya menerima hadits mutawatir, sedangkan imam hanafi menerima hadits ahad sikarenakan perbendaharaan hadits beliau yang minim....
      lebih jelasnya bagaimana geh??

      Hapus
  2. Siti Asiyah 111-11-014
    Imam Malik merupakan salah satu fuqaha' yang banyak tahu tentang ilmu hadis, karena beliau berada di Madinah, sehingga dia mendapatkan hadis yang banyak dan diterima secara langsung olehnya.
    karangannya yang berupa kitab Al-Muwatta' banyak disegani oleh masyarakat karena di dalamnya mudah dipaham oleh masyarakat.

    BalasHapus
  3. yuli hastuti 111-11-050 kelas C
    Imam malik merupakan ahli hadis dan fuqoha beliau pernah mempunyai murid yang luar biasa yaitu imam syafi'i dengan pemikiranya yang kritis maka dari itu beliau disegani banyak orang pada masanya.

    BalasHapus
  4. Rif'ah Munawaroh 111-11-047 (Kelas B)
    Dalam memberikan fatwa, Imam Malik sangat berhati-hati, di antaranya beliau hanya akan menjawab masalah yang sudah terjadi dan tidak melayani masalah yang belum terjadi, meskipun ada kemungkinan akan terjadi. Beliau pernah ditanya oleh seseorang tentang masalah yang belum terjadi kemudian Imam Malik menjawab, "Tanyakan yang sudah terjadi dan jangan bertanya yang belum terjadi". (Khalil, 2009: 181)

    BalasHapus
  5. yanuar anshori 111 08 174
    Imam malik memiliki pengetahuan yg kuat tentang hadist dan imam syafi'i pernah berguru kepadanya

    BalasHapus
  6. Pak Sukron.. mohon dijelaskan pengertian dan contoh maslahah mursalah, sadd al-dara'i, istihsan dan istishab.
    terima kasih :)

    Futmasepta Fanya Ulinnuha (211-13-038)

    BalasHapus
  7. Terima kasih pak atas materinya.
    Pak sukron tolong di jelaskan pengertian hadist ahad
    Susanto 211-13-031

    BalasHapus
  8. -ISNAENI SA'DIYAH
    -211-13-032
    pak sukron tolong jlaskan pengertian urf dan berikan contoh urf pada kehidupan zaman sekarang di madinah,,,,terimakasih pak

    BalasHapus
  9. mengapa imam malik menolak meletakkan al-muwattha dipintu ka'bah?
    Novita Purnita Sari
    211-13-033

    BalasHapus
  10. pak sukron,yang dimaksud dengan maslahah mursalah itu apa ya?terima kasih

    M Hajir Hikmawan(211-13-040)

    BalasHapus
  11. nur fitria primastuti (211-13-044)

    imam malik adalah cucu dari sahabat rasul,siapakah sahabat rasul yang dimaksudkan pak?
    dari artikel diaatas di jelaskan bahwa imam maliki tidak pernah keluar dari madina,namun dalam http://aljazira-kaumadam.blogspot.com/p/riwayat-hidup-imam-malik.html saya mmbaca bahwa pada awalnya keluarga imam malik berasal dari yaman,namun setelah masuk islam mereka peindah ke madina..perpindahan keluarga tersebut setelah kelahiran imam maliki atau sebelum kelahiran beliau?
    bagaimana imam maliki berguru hadist sedangakan dalam artikel di atas di jelaskan bahwa beliau tidak pernah keluar dari madina,,?

    syukron pak..

    BalasHapus
  12. Ayis Rakasiwi (211-13-035)
    trimakasih pak materinya,
    yang ingin saya tanyakan,kenapa Imam Malik tidak pernah pergi keluar madinah..?

    BalasHapus
  13. pada masa Khalifah Abu Ja'far Al-mansur itu pada keberapa tahun hijriah pak?
    M.Khoirul Umam (211-13-045)

    BalasHapus
  14. David Andriyanto 211-13-043
    terimakasih atas materi perkuliahan hari ini pak
    saya ingin bertanya ,
    apakah sama madhab imam syafi'i di indonesia dengan imam malik yang kebanyakan penganutnya yang berada di Maroko dan Andalusia?

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum wr wb . apakah kitab Al-Muwattha’ masih berlaku untuk saat ini dan apakah Al-Muwattha’ dapat di berlakukan di indonesia pak ? sukron . wassalamu'alaikum wr wb ..

    (HALIMATUL SABRINA 211-13-046)

    BalasHapus
  16. dai sholih 11110159
    masih bingung tentang :
    "Menerima Hadis Ahad asal tidak bertentangan dengan tradisi orang Madinah "
    kemaren kalau tidak salah dengar imam malik hanya menerima hadits mutawattir, dan imam hanafi menerima, dikarenakan perbendaharaan hadits beliau minim...
    bagaimana maksudnya geh??

    BalasHapus
  17. Siti Asiyah 111-11-014
    Imam Malik merupakan ahli hadits
    saya sependapat dengan itu karena penerimaan hadits langsung diterima oleh beliau dan belum ada campur tangan dengan wilayah lain, selain itu beliau juga beliau tinggal di daerah dimana hadits itu muncul.sehingga tidak mungkin dalam penyaluran hadits tidak sesuai apa yang dia dengar (shahih).

    BalasHapus
  18. Nur winarsih 111-11-035
    Salah satu dalil hukum yang sering digunakan oleh imam malik adalah ijmak ulama madinah. Sebagaimana dikatakan oleh mushthafa Daib al-Bu'a (1993:442), imam malik lebih mengutamakan ijmak dan amal ulama madinah dari pada qiyas, khabar ahad, dan qaul sahabat.
    Salah satu pendapat imam malik yang alasannya didasarkan pada ijmak dan ulama madinah adalah:
    Tentang Qomat shalat
    Seperti tertera dalam kitab al-Muwaththa' ketika ditanya tentang azan dan qomat shalat yang dilakukan dua kali -dua kali, imam malik menjawab: tidak sampe kepadaku tentang dalil azan dan qomat shalat, aku hanya mendapatkannya dari amal manusian, qomat sholat dilakukan satu kali-satu kali. Itulah yang senantiasa dilakukan oleh ulaa di negeri kami. (Mushthafa Daib al-Bu'a, 1993: 447-8).

    BalasHapus
  19. Nur winarsih 111-11-035
    Salah satu dalil hukum yang sering digunakan oleh imam malik adalah ijmak ulama madinah. Sebagaimana dikatakan oleh mushthafa Daib al-Bu'a (1993:442), imam malik lebih mengutamakan ijmak dan amal ulama madinah dari pada qiyas, khabar ahad, dan qaul sahabat.
    Salah satu pendapat imam malik yang alasannya didasarkan pada ijmak dan ulama madinah adalah:
    Tentang Qomat shalat
    Seperti tertera dalam kitab al-Muwaththa' ketika ditanya tentang azan dan qomat shalat yang dilakukan dua kali -dua kali, imam malik menjawab: tidak sampe kepadaku tentang dalil azan dan qomat shalat, aku hanya mendapatkannya dari amal manusian, qomat sholat dilakukan satu kali-satu kali. Itulah yang senantiasa dilakukan oleh ulaa di negeri kami. (Mushthafa Daib al-Bu'a, 1993: 447-8).

    BalasHapus
  20. Imam malik terkenal sebagi seorang ulama ahli hadits dan fuqaha yang berasal dari madinah, beliau menggarang kitab al-muwaththa’ yang artinya mudah dan sederhana yang di persembahkan untuk masrakatnya, dan imam maliki pernah menjadi guru dari imam syafi’i

    BalasHapus
  21. Miftakhun Nurul Jannah 111-11-011
    Imam malik terkenal seorang ahli hadits dan fuqaha yang berasal dari madinah, beliau menggarang kitab al-muwaththa’ yang artinya mudah dan sederhana yang di persembahkan untuk masrakatnya, dan imam maliki pernah menjadi guru dari imam syafi’i

    BalasHapus
  22. imam setiawan 111-11-098
    imam maliki adalah sosok yang memiliki ilmu yang luar biasa terutama hadits dan al qur'an.
    imam maliki juga pernah di uji Abu Hanifah atas kemampuannya.

    BalasHapus
  23. Beni Abdul Rohman 111-11-166
    imam maliki tinggal di Madinah dian tidak pernah pindah, ilmunya tentang hadits dan Al Qur'an luar biasa, pernah di uji Abu Hanifah kemampuan yang dimiliki Imam Maliki

    BalasHapus
  24. Terima kasih untuk materi kali ini pak. Semoga bermanfaat bagi semua. Amin.
    Lia Wardah Nadhifah (211-13-029)
    Bapak sukron dapat salam dari bapak saya, pak matori mansyur.

    BalasHapus
  25. maaf pak saya mau nanya yg dimaksut dengan maslahah mursalah itu apa ya? saya kurang mengerti dengan kata2 itu trimakasih pak . selamat menikmati tour anda. dan smoga bermanfaat
    M MASNGUDI ... AS 211-13-036

    BalasHapus
  26. sitem istmbath imam malik yang berbeda yang tidak ditempuh oleh mujtahid lain salah satunya yaitu: amal perbuatan orang madinah, belia berpendapat bahwa amalan penduduk Madinah dapat dijadikan hujjah, yakni dapat dijadikan dalil, beliau mendahulukan atas Qiyas dan khabar ahad karena menurut Imam Malik amal perbuatan orang madinah menempati riwayat orang banyak (jamaah) dari Rasuullah Saw.
    M. Taufikhurohman 111 11 062

    BalasHapus
  27. bapak, apakah karya imam malik hanya al-muwatto' saja ??
    sisi lain dari imam malik selain pengarang kitab al-muwatto' apa ya pak ??

    BalasHapus
  28. HANDAYANI
    111 11 140
    B

    Pak,bagaimana cara Imam Malik mempelajari dengan mudah cara menghafalkan al qura'an???
    dan apa saja hal-hal yang mendasari beliau untuk menulis kitab al muwa'tha;??

    BalasHapus
  29. Aan Afriyawan 11110197
    pak mohon di jelaskan kembali Dasar Ushul Fiqih mengenai '' Menerima Hadis Ahad asal tidak bertentangan dengan tradisi orang Madinah '' Pada pertemuan yang akan datang Isyaallah..?

    BalasHapus
  30. Fajriyatur Rofikoh 11111122 kelas B
    Apa isi dari kitab al-muwattak, dan sistematika penulisan dalam kitab tersebut bagaimana?

    BalasHapus
  31. Sutarmi 111 11 121 Kelas B
    Imam malik merupakan ahli hadist dan seorang fuqaha yang disegani pada masanya. Beliau mengarang kitab al-muwatto' yang artinya mudah dan sederhana, kitab ini berisi hadist-hadist shahih, perbuatan(urf) orang madinah, fatwa sahabat dan tabi'in.

    BalasHapus
  32. Ika Khusnul Fadhilah (111-11-049)
    Imam Malik termasuk salah seorang ulama besar, baik dalam bidang Hadis maupun fikih. Keilmuannya tentang bidang tersebut didukung lingkungan dan daerah dimana beliau tinggal dan berkembang yaitu di kota Madinah, dimana kota tersebut merupakan salah satu pusat perkembangan ilmu agama dan berikutnya kota tersebut banyak menyimpan beraneka ragam khasanah ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  33. kalau imam Abu Hanifah dikenal sebagai ahlurra'yi, sedangkan imam malik dikenal dengan ahlu hadits. ketika seorang murid Imam Malik meminta izin kepada beliau untuk membawa kitab beliau ke negaranya. imam malik tidak memberi izin muridnya, karena di suatu negara sudah ada imam sendiri, dan belum tentu kitab imam malik sesuai dengan keadaan di negara lain.
    Ana Soraya 111 11 138 PAI D

    BalasHapus
  34. Nama: siti wasa'adah
    Nim : 111-11-072
    Klas ; PAI C

    Imam malik memiliki pngetahuan yang kuat tentang hadist dan imam syafii pernah berguru kepadanya..

    BalasHapus
  35. nama : Abdul ckamim
    Nim: 11111075
    kelas :B
    bagaimana contoh hadits ahad yang di pakai Imam Malik?

    BalasHapus
  36. Faizatul ummah (11111096)

    imam malik merupakan ulama besar yang ahli dalam hadis dan fuqaha dan Abu hanifah memuji beliau bahwa beliau adalah fuqaha yang sangat jitu memberi jawaban dan kritis

    BalasHapus
  37. Nur Anisah 111 11 141
    menurut saya imam malik itu lebih berpedoman pada hadis, beliau senang mengkaji tentang hadis sehingga beliau dapat menyusun kitab hadis yang terkenal yaitu al-muwatho'

    BalasHapus
  38. Assalamu'alaikum ...
    Nama : Fenny Riskya
    Nim : 111-11-112
    Kelas : D

    Pertanyaan : Bagaimana cara penulisan Al-Muwatto'? dan bagaimana perjuangan imam malik dalam kepemimpinannya sehingga sampai disegani dengan Abu Hanifah ?

    BalasHapus
  39. Faizatul ummah (11111096)
    Imam malik adalah seorang yang ahli hadis dan fuqaha, bahkan abu hanifah memuji bahwa beliau adalah seorang yang jitu dalam memberi jawaban dan kritis

    BalasHapus
  40. NUR LAELI FARHA5TI 111-11-195

    Kakek dan ayah imam malik termasuk ulama hadis terpandang di Madinah, oleh sebab itu, sejak kecil Imam Malik tak berniat meninggalkan Madinah untuk mencari ilmu, karena beliau merasa Madinah adalah kota sumber ilmu yang berlimpah dengan ulama ulama besarnya. Imam Malik menekuni pelajaran hadis kepada ayah dan paman pamannya juga pernah berguru pada ulama ulama terkenal seperti Nafi’ bin Abi Nuaim, Ibnu Syihab Al Zuhri, Abu Zinad, Hasyim bin Urwa, Yahya bin Said Al Anshari, Muhammad bin Munkadir, Abdurrahman bin Hurmuz dan Imam Ja’far AsShadiq.

    BalasHapus
  41. siti nina nur annisa
    111-11-041
    kelas C

    Imam malik memiliki Pengendalian diri dan kesabaran yang kuat yang membuat ia ternama di seantero dunia Islam. Pernah semua orang panik lari ketika segerombolan Kharijis bersenjatakan pedang memasuki masjid Kuffah. Tetapi, Imam Malik yang sedang shalat tanpa cemas tidak beranjak dari tempatnya. Mencium tangan khalifah apabila menghadap di baliurang sudah menjadi adat kebiasaan, namun Imam Malik tidak pernah tunduk pada penghinaan seperti itu. Sebaliknya, ia sangat hormat pada para cendekiawan, sehingga pernah ia menawarkan tempat duduknya sendiri kepada Imam Abu Hanifah yang mengunjunginya.

    BalasHapus
  42. pak.. apakah kitab al-muwatto karya imam malik berisikan hadist yang sahih semua?
    Zulaikhah sri wulandari 11111097

    BalasHapus
  43. khusnul afifah 111-11-199
    saat ini kebanyakan hadist yang digunakan di indonesia bukan muattoq.,dalam hadist ini mencakup unsur keilmuan apa saja

    BalasHapus
  44. Diantina Basiroh 11111064

    pada suatu ketika, khalifah Harun Al Rasyid berkunjung ke Madinah dan ingin mengikuti ceramah muwaththo' yang diadakan Imam Malik. khalifah pun mengutus seseorang untuk memanggil Imam Malik. namun, Imam Malik malah menasehati khalifah : "Rasyid, leluhur Anda selalu melindungi pelajaran hadits. Mereka amat menghormatinya. Bila sebagai khalifah Anda tidak menghormatinya, tak seorang pun akan menaruh hormat lagi. Manusia yang mencari ilmu, sementara ilmu tidak akan mencari manusia." lalu khalifah menyuruh ceramah itu dibatalkan. namun Imam Malik menolak seraya berkata : "Saya tidak dapat mengorbankan kepentingan umum hanya untuk kepentingan seorang pribadi." lalu, khalifah Harun Al Rasyid pun mengikuti ceramah dan duduk berdampingan dengan dua putranya bersama rakyat kecil.

    BalasHapus
  45. SETYA UTAMI 111-11-044 PAI D

    Bagaimana peran Imam Malik di bidang pemerintahan?

    BalasHapus
  46. Daya Lolita Sabti 111 11 042

    meurut saya imam malik adah seorang ahli hadis dan kitab beliau yang terkenal adalah al-muwatho'

    BalasHapus
  47. Usriya Hidayati 11111068 Kelas D
    Imam Malik sendiri sebenarnya belum menuliskan dasar-dasar fiqhiyah yang menjadi pijakan dalam berijtihad, tetapi pemuka-pemuka madzhab ini, murid-murid Imam Malik dan generasi yang muncul sesudah itu menyimpulkan dasar-dasar fiqhiyah Malik kemudian menuliskannya. Dalam Muwattha’, Malik secara jelas menerangkan bahwa dia mengambil “tradisi orang-orang Madinah” sebagai salah satu sumber hukum setelah al-Qur’an dan as-Sunnah. Ia juga mengambil hadis munqathi’ dan mursal sepanjang tidak bertentangan dengan tradisi orang-orang Madinah itu.

    BalasHapus
  48. siti masitoh 11111197
    kelas B

    imam malik menjadikan kitab al muwatta sebagai pnjelasan
    terhadap hadis dari segi ilmiah, dan beliau menggunakan pendapatnya
    jika ia tidak menemui hadis2. mka bagaimana cara beliau memberikan penjelasan yang berhubungan dengan kitab Al- muwatta pak ?/
    terimakasih

    BalasHapus
  49. Bahwa kitab al Muwattha’ imam malik ditulis karena kebutuhan akan pemahaman fiqh pada masyarakat. Apa alasan Imam Malik menolak permintaan al Mansur untuk meletakkan al Muwattha’ di pintu ka’bah?.Kalau Imam Malik tidak pernah keluar dari Madinah, apakah beliau berguru hadits hanya dengan Rabi’ah,Nafi’ dan Ibnu Syihab Zuhri?

    Nama : Etik handayani
    NIM : 111 11 162
    Kelas: C

    BalasHapus
  50. Nama : Ulil Maunatul Choiriyah
    NIM : 111-11-143
    Kelas : C

    Apakah karya Imam Malik hanya Al Muwatha' saja?

    BalasHapus
  51. EVA INTAN SARI
    NIM 111 11 153

    Imam malik adalah seorang yang mengarang kitab al-muwattha', kitab ini ditulis berdasarkan kebutuhan yang mendesak akan pemahaman fiqh pada masyarakat.

    BalasHapus
  52. NAMA; FAKHRUNI NUR KARIMAH 111-11-170

    Malikiah adalah aliran hukum islam yang didirikanoleh imam malik. beliau adalah sosok yang sayang dan sangat menghormati gurunya. beliau hafal Al qur'an dalam usia yang sangat dini.

    BalasHapus
  53. Imam malik adalah ahli hadist dan seorang fuqoha pada masanya. Beliau dilahirkan di Madinah tahun 93 H, bertepatan dengan tahun meninggalnya sahabat yang mulia Anas bin Malik. Ibunya mengandung dia selama tiga tahun.
    Aulia sofiana (11111229) kls C

    BalasHapus
  54. Dwi Silvia Anggraini 111 11 095 Kelas:C

    Pak maaf, saya mau bertanya.
    Dari uraian diatas menyebutkan, bahwa Imam Malik tidak pernah pergi ke luar Madinah? tetapi berkembang di Maroko, bagaimana cara penyebarannya?Terimakasih

    BalasHapus
  55. siti Zulaikha 11111133

    mengapa Imam Malik tidak mengizinkan keinginan Al-mansur untuk meletakkan kitab Al-muwatta' di pintu ka'bah? padahal melalui kitab tersebut masyarakat dapat memperoleh pemahaman ilmu fiqih.

    BalasHapus
  56. LAILATUL MUFIDAH
    111 11 128
    KELAS D

    Al Imam Malik adalah seorang tokoh yang gigih menyebarkan dan mempertahankan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Pendapat-pendapat beliau tentang Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah tercermin dari ucapan-ucapan beliau.

    BalasHapus
  57. nama; wawaladun sy
    nim: 111-11-202
    kelas: pai C

    Al-Mansur pernah meminta izin pada Imam Malik untuk meletakkan Al-Muwattha di pintu Ka’bah agar bisa dibaca banyak orang, namun di tolak oleh Imam Malik
    Kenapa al-muwattha di letakkan di pintu ka'bah ditolak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL HAKIM, MAHKUM FIH DAN MAHKUM ALAIH

Oleh: Siti Farida Sinta Riyana (11510080); Nur Aufa Handayani (11510081); Ahmad Ali Masrukan (11519985); Mayura (11510096); dan Muryono ( 11511038) A.       Al Ahkam 1.         Pengertian Al-Ahkam (hukum), menurut bahasa artinya menetapkan sesuatu atas sesuatu. Sedang menurut istilah ialah ‘Khithab (titah) Allah Swt. atau sabda Nabi Muhammad Saw. yang berhubungan dengan segala amal perbuatan mukallaf , baik itu mengandung perintah, larangan, pilihan, atau ketetapan.

HUKUM SYAR’I (ا لحكم الشر عي)

OLEH: Ulis Sa’adah (11510046); Langga Cintia Dessi (11510089); dan Eka Jumiati (11510092) A.       HAKIKAT HUKUM SYAR’I Menurut para ahli ushul fiqh (Ushuliyun), yang dikatakan hukum syar’i ialah khitab (sabda) pencipta syari’at yang berkaitan dengan perbuatan orang-orang mukallaf yang mengandung suatu tuntutan, atau pilihan atau yang menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau penghalang bagi adanya sesuatu yang lain.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KHILAFIYAH

Disusun Oleh : Abdul Majid (111-11-074); Irsyadul Ibad (111-11-094);  dan Dwi Silvia Anggraini   (111-11-095) PENDAHULUAN Perbedaan selalu ada dalam kehidupan karena hal ini merupakan sunah Rasul yang berlaku sepanjang masa. Perbedaan juga terjadi dalam segi penafsiran dan pemahaman hukum yang berlaku. Seperti yang kita ketahui hukum tidaklah sekaku dalam hal penerapannya pada masa awal islam, pada masa itu Nabi Muhammad sebagai tolak ukur  dan akhir dari setiap permasalahan yang ada pada masa itu. Akan tetapi perbedaan itu semakin jelas terlihat ketika era para sahabat dan para tabi’in yang ditandai dengan adanya berbagai aliran atau madzhab yang bercorak kedaerahan dengan tokoh dan kecenderungan masing-masing.