Mata Kuliah :
Metodologi Studi Islam
Fakultas :
Syariah
Jurusan :
Ahwal Al-Syakhsiyyah
Program :
Strata Satu (S-1)
Bobot :
2 sks
Pengampu :
Sukron Ma’mun, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa mampu memahami metode-metode
yang digunakan dalam melakukan studi Islam dan mampu memilih metode yang cock
untuk melakukan studi Islam
Indikator Kompetensi :
1. Memahami Islam
sebagai agama dan gejalan sosial budaya
2. Memahami studi Islam dengan
berbagai pendekatan.
3. Memahami model penelitian tentang Islam dengan
berbagai model.
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
Sumber
|
Keterangan
|
I
|
Pengantar studi Islam; objek kajian, model kajian
|
·
M Atho Mudhar, Pendekatan Studi Islam,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
· Taufik Abdullah
dan M. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar,
Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989, hlm. 1-13.
|
Dosen
Ceramah interaktif dan diskusi
|
II
|
Islam: Normatif, Gejala Sosial Budaya, dan model pendekatan kajian
|
·
M Atho Mudhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 1998.
· Taufik Abdullah
dan M. Rusli Karim, Metodologi
Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989, hlm.
29-40.
|
Dosen
Ceramah interaktif
|
III
|
Khasanah studi Islam: model studi syariah (ushul fiqh dan fiqh)
|
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm.
295-314.
|
Arum Ikhdatul M
M. Nur Kholis
|
IV
|
Khazahan studi Islam: model studi teologis-normatif
|
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm. 28-35.
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 315-379.
|
Lailatul Badriyah
Abdul Basith
|
V
|
Khazanah Studi Islam: model studi tafsir
|
·
Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar,
Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989, hlm. 135-146.
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm.
209-232.
|
Muhlifa Nur P
Badrul Anwar
|
VI
|
Khazanah studi Islam: model studi hadis
|
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm.
233-250.
|
M. Rudy Darussalam
|
VII
|
Khazanah studi Islam: model studi tasawuf
|
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm.
283-294.
|
Zakiya Raihana
|
Ujian
Tengah Semester
|
|||
VIII
|
Khazanah studi Islam: model pendekaran Sosiologi
|
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama,
Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 271-314.
|
Lana Falahasna
Bening Permana D
|
IX
|
Khazanah studi Islam: model pendekatan Antropologi
|
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama,
Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 15-62.
|
Zainal Muvid
|
X
|
Khazanah studi Islam: model pendekatan fenomenologis
|
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama,
Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 105-148.
|
Muntaha
Ayis R
|
XI
|
Khazanah studi Islam: model
pendekatan feminis
|
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama,
Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 63-104.
|
Sinta Maria Dewi
|
XII
|
Khazanah studi Islam: model pendekatan filsafat
|
·
Peter Connolly, Aneke Pendekatan Studi Agama,
Yogyakarta: LkiS, 2002, hlm. 149-270.
|
Syamsul Arifin
|
XIII
|
Khazanah studi Islam: model pendekatan sejarah
|
·
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2010, hlm.
361-274.
·
Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama: Sebuah
Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989, hlm. 69-90.
·
M Atho Mudhar, Pendekatan Studi Islam,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
|
Futmasepta
|
XIV
|
Review: Studi Islam dan respon isu-isu kontemporer
|
·
Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama: Sebuah
Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989, hlm. 97-112.
|
|
Ujian Akhir Semester
|
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan
dilaksanakan dengan tiga model pendekatan; (1) Ceramah kelas yang disampaikan
dosen sebagai pengantar perkuliahan, (2) Analisa materi dengan melakukan review
book yang dibebankan secara individu untuk kemudian
didiskusikan di kelas, (3) Perbaikan tugas individu sebagai bagian dari tugas akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam
perkuliahan ini akan dievaluasi berdasarkan tiga kreteria:
1) Hasil tugas individu
2) Kehadiran dan
partisipasi kelas
3) Nilai ujian akhir
semester
Ketentuan Penulisan
Tugas
Dijelaskan secara
terperinci pada pertemuan pertama perkuliahan.
Lain-lain
1. Kehadiran kelas didasarkan
pada ketentuan yang berlaku di lingkungan IAIN Salatiga.
2. Peraturan dan Etika mengikuti
perkuliahan:
a. Sebelum dimulai dan
berakhirnya perkuliahan setiap mahasiswa WAJIB mengecek kebersihan
ruangan. Jika terdapat sampah, harus diambil dan dimasukkan ke tempat sampa
yang telah disediakan.
b. Setiap awal masuk mahasiswa
harus membaca surat-surat pendek dalam juz ‘Amma yang telah ditentukan.
c. Etika menghubingi/janji
dengan dosen: SMS dengan bahasa yang baik dan menyebutkan identitas (NAMA dan
NIM/Prodinya). SMS yang tidak menyebutkan identitas tidak akan dibalas. Harap
tidak telpon kecuali dalam kondisi darurat.
3. Hal-hal yang belum
dijelaskan/belum dibahas akan dijelaskan pada perkuliahan.
Komentar
Posting Komentar