Mata Kuliah :
Sosiologi
Fakultas : Ushuludin, Adab dan Humaniora
Jurusan :
Sejarah
dan Kebudayaan Islam
Program :
Strata Satu (S-1)
Bobot :
2 sks
Pengampu :
Sukron Ma’mun, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa dapat mengethui dan memahami dasar-dasar
pengetahuan, paradigm, dan teori-teori sosiologi, serta terapannya dalam
sosiologi praktis.
Indikator Kompetensi :
1. Memahami konsep dan paradigma sosiologi .
2. Memahami turunan paradigma sosiologi
dalam teori-teori sosial.
3. Memahami terapan teori dalam sosiologi
masyarakat.
4. Mampu mengaplikasikan
teori-teori sosial dalam analisa sosiologis.
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
Sumber
|
Keterangan
|
I
|
Pengantar
Sosiologi: Sejarah Akar Ilmu Sosial
|
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 1-12.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 3-35.
·
Soerjono
Soekanto, Ruang Lingkup dan Aplikasinya, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 1990, hlm. 1-28.
|
|
II
|
Tokoh-Tokoh
Sosiologi
|
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 25-41.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 69-126.
·
George Ritzer dan Douglas J Goodman, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi
Wacana, 2009, hlm. 14-19.
|
|
III
|
Paradigma
Sosiologi: Paradigma Fakta Sosial
|
·
George
Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta:
Rajawali Pers, 2009, hlm. 1-36.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 36-67.
|
Rifkan Eko Susanto
Erni Sulistiani
|
IV
|
Paradigam
Definisi Sosial
|
·
George
Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta:
Rajawali Pers, 2009, hlm. 37-68.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 36-67.
|
Sirojuddin
Tiara Sofiana
|
V
|
Paradigma
Perilaku Sosial
|
·
George
Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta:
Rajawali Pers, 2009, hlm. 69-84.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 36-67.
|
Sholeh Rubiyanto
Fera Azkiya
|
VI
|
Karakteristik
Masing-Masing Paradigma dan Integrasi Paradigma
|
·
George
Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: Rajawali
Pers, 2009, hlm. 85-151.
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 36-67.
|
Ingkan Dhika P
Ikhsan Maulana
|
VII
|
Paradigma
dan Teori-Teori Sosiolog
|
·
Ambo Upe, Tradisi
dalam Sosiologi: Dari Filsafat Positivistik ke Pos Positivistik, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 36-67.
|
Lutfi Kaifahmi
|
Ujian Tengah Semester
|
|||
VIII
|
Teori
Struktural Fungsional
|
·
Robert
K, Merton dalam Margaret M Poloma, Sosiologi Kontemporer, Jakarta:
Rajawali Pers, 2010, hlm. 23-50.
·
George Ritzer dan Douglas J Goodman, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi
Wacana, 2009, hlm. 251-277.
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 51-54.
|
Qisti Faradina Ilmi
Ika Putri Mahanani
|
IX
|
Teori
Konflik
|
·
Lewis Coser dalam Margaret M Poloma, Sosiologi Kontemporer,
Jakarta: Rajawali Pers, 2010, hlm. 105-128; 129-145; 146-165.
·
George Ritzer dan Douglas J Goodman, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi
Wacana, 2009, hlm. 281-294.
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 54-56.
|
Faizin
Syarifatul Ulfa
|
X
|
Teori
Interaksionisme Simbolik
|
·
Herbert Blumer dalam Margaret M Poloma, Sosiologi
Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers, 2010, hlm. 254-276.
·
George Ritzer dan Douglas J Goodman, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi
Wacana, 2009, hlm. 373-416.
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 56-59.
|
Laela Kurniawati
Mochamad Lutfi Kharis
|
XI
|
Teori
Dramaturgi
|
·
Ervin Goffman dalam Margaret M Poloma, Sosiologi Kontemporer,
Jakarta: Rajawali Pers, 2010, hlm. 229-253.
|
Tatik Nur Azizah
Muhammad Sam’ani
|
XII
|
Teori
Peran dan Labeling
|
·
Sunyoto
Usman, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Pustakan
Pelajar, 2012, hlm. 59-66.
|
M. Qosim Maghfur
|
XIII
|
Konstruksi
Sosial atas Realitas
|
·
Peter Berger dalam Margaret M Poloma, Sosiologi Kontemporer,
Jakarta: Rajawali Pers, 2010, hlm. 298-318.
·
Peter L. Berger dan Thomas Lucmmann, Tafsir Sosial atas
realitas, Jakarta, LP3ES, 1999.
|
Ruslina Sari
Wildan Khoiru Fuadi
M. Sofi Soleh
|
XIV
|
Teori
Etnometodologi
|
·
Harold Garfinkel dalam Margaret M Poloma, Sosiologi
Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers, 2010, hlm. 277-297.
·
George Ritzer dan Douglas J Goodman, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi
Wacana, 2009, hlm. 417-446.
|
Isroatul Laili
Rohib Suryanto
|
Ujian Akhir Semester
|
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan
dilaksanakan dengan tiga model pendekatan; (1) Ceramah kelas yang disampaikan
dosen sebagai pengantar perkuliahan, (2) Analisa materi dengan melakukan review
book yang dibebankan secara individu untuk kemudian didiskusikan
di kelas, (3) Perbaikan tugas
individu sebagai bagian dari tugas akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam
perkuliahan ini akan dievaluasi berdasarkan tiga kreteria:
1) Hasil tugas individu
2) Kehadiran dan
partisipasi kelas
3) Nilai ujian akhir
semester
Ketentuan Penulisan
Tugas
Dijelaskan secara
terperinci pada pertemuan pertama perkuliahan.
Lain-lain
1. Kehadiran kelas didasarkan
pada ketentuan yang berlaku di lingkungan IAIN Salatiga.
2. Hal-hal yang belum
dijelaskan/belum dibahas akan dijelaskan pada perkuliahan.
Komentar
Posting Komentar