Mata Kuliah : Sirah Nabawiyah
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Program : Strata Satu (S-1)
Bobot : 2 sks
Semester/Kelas : I/DEF
Pengampu : Sukron
Ma’mun, SHI, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa memahami sejarah kehidupan Muhammad, mampu mengambil hikmah yang
terkandung di dalamnya dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
1. Menjelaskan keadaan
bangsa Arab pra-Islam
2. Menjelaskan kehidupan
Muhammad sebelum diangkat menjadi rasul
3. Menjelaskan masa dakwah
Muhammad
4. Menjelaskan kehidupan
sosial, politik, dan budaya semasa perjuangan Rasulullah.
5. Menjelaskan masa
sakit dan wafatnya Muhammad
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
I
|
Bangsa Arab Pra Islam, Makkah, Ka’bah dan Kaum Quraisy
|
II
|
Geneologi Rasulullah
|
III
|
Kelahiran Rasulullah
|
IV
|
Masa kecil Rasulullah hingga remaja
|
V
|
Pernikahan Rasul hingga sejarah kerasulan
|
VI
|
Wahyu pertama dan orang-orang pertama yang memeluk Islam
|
VII
|
Tahapan dakwah dan tantangan dakwah Rasul
|
VIII
|
UTS
|
IX
|
Dlipomasi Quraisy
dan Pencarian Suaka Politik Ke Habsyi
|
X
|
Ke Thaif dan peristiwa Isra Mi’raj
|
XI
|
Hijrah Ke Yastrib
|
XII
|
Pasca Hijrah dan Pembentukan masyarakat Islam
|
XIII
|
Peperangan penting semasa Rasulullah
|
XIV
|
Fathul Makkah
|
XV
|
Haji Wada dan Wafatnya Rasulullah
|
XVI
|
UAS
|
Referensi :
1. Al Hamid Husaini, 1992, Riwayat Kehidupan Nabi Besar
Muhammad SAW, Jakarta: Pustaka Hidayah.
2. M. Husen Haekal, 1990, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta: Tintamas Indonesia.
3. Ja’far Subhani, 2002, Ar-Risalah; Sejarah Kehidupan Rasulullah,
Jakarta: Penerbit Penerbit Lenera.
4.
Philip
K Hitti, 2008, History
of the Arabs, terj. R. Cecep LY dan Dedi
Selamet R, Jakarta: Serambi.
Stategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan dilaksanakan dengan tiga model pendekatan; (1)
Ceramah kelas yang disampaikan dosen sebagai pengantar perkuliahan, (2) Analisa
materi Pendidikan Kewarganegaraan yang dilakukan secara individu/kelompok untuk
kemudian didiskusikan di kelas, (3) Penugasan akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini akan dievaluasi berdasarkan tiga
kreteria:
1) Hasil tugas individu/kelompok
2) Kehadiran dan partisipasi kelas
3) Nilai Mid semester dan ujian akhir semester
Ketentuan Penulisan Tugas
a) Menurut sistematika penulisan ilmiah (pendahuluan, isi,
dan penutup)
b) Mencantumkan semua rujukan yang dipakai dengan
menggunakan footnote/end note, dengan menyebut pengarang, judul
buku, tempat penerbitan, penerbit, tahun dan halaman rujukan. Jika ditulis
dalam bentuk bottom note disebutkan penulis, tahun terbit, dan halaman
rujukan. Data dari website ditulis lengkap, nama, judul tulisan, alamat
website, tanggal, bulan, dan tahun akses. Di bagian akhir ditulis semua daftar
bacaan/referensi.
c) Ditulis dengan huruf standard (font dan ukuran yang
formal) panjang minimal 5 halaman, spasi
1,5, dan kertas kuarto (A4).
d) Makalah cukup distaples rapi dan tidak perlu dijilid mika
atau sejenisnya.
e) Makalah dinilai berdasarkan content (isi), bahasa
yang digunakan (EYD), nalar logis, dan presentasi kelas.
Lain-lain
1.
Kehadiran
kelas didasarkan pada ketentuan yang berlaku di lingkungan STAIN Salatiga
(minimal 75 %)
2.
Hal-hal
berkaitan dengan proses pembelajaran dan persoalan yang dialami oleh mahasiswa
terkait dengan materi kuliah harap dikonsultasikan dengan dosen pengampu.
Komentar
Posting Komentar