Mata Kuliah :
Sosiologi Keluarga
Jurusan :
Syariah
Program Studi :
Ahwal Asy-Syahsiyyah
Program :
Strata Satu (S-1)
Bobot :
2 sks
Pengampu :
Sukron Ma’mun, SHI, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui secara teoritik
dan konseptual sosiologi keluarga, serta hal-hal yang terkait dengan keluarga
dalam konteks sebagaia institusi dan kelompok sosial.
Indikator Kompetensi :
1. Memahami teori dan
konsep sosiologi mengenai keluarga sebagai kelompok sosial.
2. Memahami keluarga
dalam konteks dinamika sosial dan masyarakat.
3. Memahami peranan
keluarga dakam proses transformasi sosial
4. Memahami tipe-tipe
keluarga dan jenis-jenis perkawinan
5. Memahami tradisi
dalam membangun keluarga sebagai institusi sosial
6. Memagami persoalan
sosial dalam kehidupan keluarga dan upaya mengatasinya.
Topik Inti :
Pert.
|
Bahasan
|
I
|
Definisi Sosiologi Keluarga; Target
dan Arah Pembelajaran Sosiologi Keluarga
|
II-IV
|
Bingkai Teoritik Analisa Sosiologi Kelurga (Teori
Fungsional Struktural; Teori Konflik; Teori Interaksionisme Simbolik; dan Teori
Pertukaran (Exchange)
|
V
|
Keluarga sebagai Institusi Sosial
dan Kelompok Sosial; Definisi
Keluarga dan Tipe-Tipe Keluarga
|
VI
|
Peran Keluarga dalam Transformasi
Sosial (peran Sosialisasi; Kontrol Sosial, dan Pendidikan Karakter)
|
VII
|
Keluarga dan Peranan Gender
|
VIII
|
UTS
|
IX
|
Perkawinan: Sosial dan Tradisi
|
X
|
Jenis-Jenis Perkawinan (Monogami,
Poligami, dan Poliandri)
|
XI-XIII
|
Trend Baru dalam Perkawinan (Nikah
Sirri, Nikah Mut’ah/Kawin Kontrak, Perkawinan Campur, Perkawinan Beda Agama,
dan Perjanjian Perkawinan)
|
XIV
|
Keluarga dan Konflik (Disharmoni dan
Perceraian)
|
XV
|
Membangun Harmoni Kembali
|
XVI
|
UAS
|
Referensi :
A Jawas
Abdullah, Dilema Wanita Karir: Menuju
Keluarga Sakinah, Yogyakarta: Ababil, 2006.
A.Sudewa, Wanita Jawa: Antara Tradisi dan Transformasi,
dalam Budi Susanto (et.al; edt.), “Citra Wanita dan Kekuasaan (Jawa)”, Yogyakarta:
Penerbit Kanisius,1992.
Ann
Lamana dan Agnes Riedmann, Marriages,
Families, and Realtionships: Making Choice in a Diverse Society,
California: Wodswort Cengage Learning, 2012.
Anthony
Giddens, Sociology, Cambridge:
Polity, 2001.
Arief Budiman, Pembagian Kerja Secara Seksual, Jakarta:
Gramedia, 1982.
Bryan
Strong, Christine De Vault, Theodore F. Cohen, The Marriage and Family Experience: Intimate Relationships in Changing
Society, California: Wodswort Cengage Learning, 2011.
Christina S. Handayani, Ardhian Novianto, Kuasa Wanita
Jawa, Yogyakarta, PT. LKIS Pelangi Aksara, 2004.
Claire
M. Renzetti, Daniel J. Curran, dan Shana L. Maier, Women, Men, and Society, USA: McGraw-Hill Humanities, 2008.
Hildred Geertz, Keluarga
Jawa, Jakarta: Grafiti Pers, 1983.
M
Quraish Shihab, Perempuan, cet. ke-3,
Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Mansour Fakih, Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi
Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Marbangun Hardjowirogo, Adat Istiadat Jawa,
Bandung: Penerbit Patma,1980.
Mohammad
Asnawi, Nikah dalam Perbincangan dan
Perbedaan, Cet ke-1, Yogyakarta: Darussalam, 2004.
Nadhirah
Mujab, Merawat Malighai Rumah Tangga,
Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.
Ratna Megawangi, Membiarkan Berbeda?: Sudut Pandang
Baru Tentang Relasi Gender, Bandung: Mizan, 1999.
Suratman Effendi, Ali Thaib, Wijaya, Dan B. Chasrul
Hadi, Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan
Kualitas Sumber Daya Manusia, Jambi: Departemen Pendidikan dan Kebudayan,
1995.
TO
Ihrami, Sosiologi Keluarga,
Yogyakarta: Liberti, 1999.
William J Goode, Sosiologi
Keluarga, Jakarta: Bina Aksara, 1983.
Stategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan dilaksanakan
dengan tiga model pendekatan; (1) Ceramah kelas yang disampaikan dosen sebagai
pengantar perkuliahan, (2) Analisa materi dengan melakukan review book yang
dibebankan secara kelompok untuk kemudian didiskusikan di kelas, (3) Penugasan
akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini akan
dievaluasi berdasarkan tiga kreteria:
1)
Hasil tugas
individu/kelompok
2)
Kehadiran dan
partisipasi kelas
3)
Nilai Mid semester
dan ujian akhir semester
Ketentuan Penulisan Tugas
Dijelaskan secara terperinci pada
pertemuan pertama perkuliahan.
Lain-lain
1.
Kehadiran kelas
didasarkan pada ketentuan yang berlaku di lingkungan STAIN Salatiga.
2.
Hal-hal berkaitan
dengan proses pembelajaran dan persoalan yang dialami oleh mahasiswa terkait
dengan materi kuliah harap dikonsultasikan dengan dosen pengampu.
Komentar
Posting Komentar