Mata Kuliah : Sirah Nabawiyah
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Program : Strata Satu (S-1)
Bobot : 2 sks
Semester/Kelas : I/A-B-C
Pengampu : Sukron
Ma’mun, SHI, M.Si/081578745609
Kompetensi dasar :
Mahasiswa memahami sejarah kehidupan Muhammad, mampu mengambil hikmah yang
terkandung di dalamnya dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Kompetensi :
1. Menjelaskan keadaan bangsa Arab pra-Islam
2. Menjelaskan kehidupan Muhammad sebelum
diangkat menjadi rasul
3. Menjelaskan masa dakwah Muhammad
4. Menjelaskan kehidupan sosial, politik, dan
budaya semasa perjuangan Rasulullah.
5. Menjelaskan masa sakit dan wafatnya
Muhammad
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
Referensi
|
Keterangan
|
I
|
Bangsa Arab Pra Islam, Makkah, Ka’bah dan Kaum Quraisy
|
|
|
II
|
Geneologi Rasulullah
|
|
|
III
|
Kelahiran Rasulullah
|
|
|
IV
|
Masa kecil Rasulullah hingga remaja
|
|
|
V
|
Pernikahan Rasul hingga sejarah kerasulan
|
|
|
VI
|
Wahyu pertama dan orang-orang pertama yang memeluk Islam
|
|
|
VII
|
Tahapan dakwah dan tantangan dakwah Rasul
|
|
|
VIII
|
UTS
|
|
|
IX
|
Dlipomasi Quraisy
dan Pencarian Suaka Politik Ke Habsyi
|
|
|
X
|
Ke Thaif dan peristiwa Isra Mi’raj
|
|
|
XI
|
Hijrah Ke Yastrib
|
|
|
XII
|
Pasca Hijrah dan Pembentukan masyarakat Islam
|
|
|
XIII
|
Peperangan penting semasa Rasulullah
|
|
|
XIV
|
Fathul Makkah
|
|
|
XV
|
Haji Wada dan Wafatnya Rasulullah
|
|
|
XVI
|
UAS
|
|
|
Referensi :
1. Al Hamid Husaini, 1992, Riwayat Kehidupan Nabi Besar
Muhammad SAW, Jakarta: Pustaka Hidayah.
2. M. Husen Haekal, 1990, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta: Tintamas Indonesia.
3. Ja’far Subhani, 2002, Ar-Risalah; Sejarah Kehidupan Rasulullah, Jakarta: Penerbit Penerbit
Lenera.
4.
Philip K Hitti, 2008, History of the Arabs,
terj. R. Cecep LY dan Dedi Selamet R, Jakarta: Serambi.
Stategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan dilaksanakan dengan tiga model pendekatan; (1)
Ceramah kelas yang disampaikan dosen sebagai pengantar perkuliahan, (2) Analisa
materi Pendidikan Kewarganegaraan yang dilakukan secara individu/kelompok untuk
kemudian didiskusikan di kelas, (3) Penugasan akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini akan dievaluasi berdasarkan tiga
kreteria:
1) Hasil tugas individu/kelompok
2) Kehadiran dan partisipasi kelas
3) Nilai Mid semester dan ujian akhir semester
Ketentuan Penulisan Tugas
a) Menurut sistematika penulisan ilmiah (pendahuluan, isi, dan penutup)
b) Mencantumkan semua rujukan yang dipakai dengan menggunakan footnote/end
note, dengan menyebut pengarang, judul buku, tempat penerbitan, penerbit,
tahun dan halaman rujukan. Jika ditulis dalam bentuk bottom note disebutkan
penulis, tahun terbit, dan halaman rujukan. Data dari website ditulis lengkap,
nama, judul tulisan, alamat website, tanggal, bulan, dan tahun akses. Di bagian
akhir ditulis semua daftar bacaan/referensi.
c) Ditulis dengan huruf standard (font dan ukuran yang formal) panjang minimal
5 halaman, spasi 1,5, dan kertas kuarto
(A4).
d) Makalah cukup distaples rapi dan tidak perlu dijilid mika atau sejenisnya.
e) Makalah dinilai berdasarkan content (isi), bahasa yang digunakan
(EYD), nalar logis, dan presentasi kelas.
Lain-lain
1.
Kehadiran kelas didasarkan pada ketentuan yang berlaku di
lingkungan STAIN Salatiga (minimal 75 %)
2.
Hal-hal berkaitan dengan proses pembelajaran dan
persoalan yang dialami oleh mahasiswa terkait dengan materi kuliah harap
dikonsultasikan dengan dosen pengampu.
Terima kasih untuk infonya, Pak.
BalasHapus:)