Resume oleh:
Novita Nur Afifah (012)
Beratus tahun sebelum nabi Isa a.s lahir,india
telah menempati kedudukan yang tinggi dalam tamaddun dunia,terutama dalam
soal-soal keagamaan dan metafisika.Dari sanalah timbulnya agama brahmana yang
terkenal.Dan dari sana pula timbul budha gautama.Bahkan telah diselidiki bekas
tamaddun dari 5000 tahun yang telah lalu
dengan penggalian sisa-sisa negeri yang bernama mahendo-daro.Dari bekas-bekas
runtuhan kota lama itu telah lalu didapati orang kepandaian penduduknya dalam
seni bangunan ,telah diketahui orang
juga dari hal menulis,dan telah ada juga tempat-tempat mandi dan gudang-gudang
didalam tanah tempat menyimpan makanan.
Hubungan
dengan arab
Lantaran kemajuan yang demikian rupa niscaya
telah lamalah hubungan dengan bangsa arab,walaupun sebelum islam.dizaman
pemerintahan khalifah ll,saidina umar ibn al-khattab ditahun 15 hijrat,kepala
perang usman ibn abilash-staqafiy telah membawa tentaranya menuju kesebelah
timur.ditahun 22 h,telah sampai angkatan perangnya ke persia,masuk khorasan dan
hendak ada niat meneruskannya diindia.
Dizaman pemerintahan khalifah III,saidina ustman
ibn affan telah diutus pula utusan untuk meninjau keadaan wilayah india yang
luas itu.Nama kepala peraturan itu Hakim Ibn Jabalah.Dia diutus oleh wali
negeri diirak Abdullah Ibn Amir Ibn Qurais.Ditahun 38 dan 39 khalifah IV
pula,sayidina ali ibn abi thalib telah mengutus perutusan dibawah pimpinan
Al-harist ibn murrah Al-abdi. Semua utusan itu ialah hendak menambah pengetahuannya
tentang perhubungan dan jalan-jalan,sehingga mudah memasukinya kelak.Maka
dizaman khalifah bani umayyah yang pertama sayyidina muawiyyah ibn abi Sufyan
dikirimkan angkatan perang dibawah pimpinan al-muhallab ibn abi sufrah,kepala
perang yang gagah dan
berani.Perjalanannya hanya sampai kekabul (ibukota kerajaan afganistan
sekarang),sampai kemuttan.Tetapi belum juga sampai ketengah-tengah benua
hindia.Kemudian pergi pula zayyad dan puteranya.Sejak saat itu telah mulailah
india dan jalan kesana menjadi perhatian dan minat,yang telah mulai pula orang
islam berangsur-angsur mmbuat perhubungan kesana.
Pada suatu waktu terjadilah gangguan kepada orang
islam itu dari pihak perampok-perampok india yang dibawah pertanggung jawaban
raja dahar,dan didalamnya termasuk kaum perempaun.seketika orang-orang itu
dirampok dan ditawan,memekiklah perempuan-perempuan itu menyeru-nyru nama
hajjaj,”ya hajjaj,lindungi kami”.beberapa orang dapat melepaskan dirinya dan
segera kembali keirak dan sampailah segera berita itu kepada hajjaj.sejak itu
timbulah niat hendak menaklukan india.Maka dibentuk satu angkatan perang besar
yang dipimpin muhammad ibn Al-qosim,usinya waktu itu baru 17 tahun.
Mahmud
Sabaktakin
Meskipun masih dalam abad yang pertama dari
hijrah nabi,tanah-tanah sind sebagai sebagian daripada india seluruhnya telah
menjadi wilayah kerajaan islam dan telah berganti pemerintahan yang
menguasainya dan telah tersiar kaum muslimin yang tinggal menetap disetiap
negeri yang luas itu.Namun bagian terbesar dari tanah india belumlah tahkluk
kebawah pimpinan islam,maka diakhir qurun yang kesepuluh hijrah,timbulah
kerajaan sabaktakin yang terkenal karena gagah berani dan perkasanya
berperang.Mulanya kerajaan sabaktakin hanyalah sebagai sebuah kerajaan kecil
dalam perlindungan kerajaan bani saman dan nama nenek pembina kerajaan
sabaktakin ialah Aip Takin.
Oleh karena timbul cemburu dari pihak induk
semangnya,kerajan bani saman itu,maka aib takin meninggalkan negeri khorasan
dan menyisihkan dirinya ke kaznah,suatu tempat yang sangat strategis (dalam
wilayah kerajaan afganistan sekarang ini).Maka diperkuatkannyalah negeri
itu,didirikannya parit dan benteng pada tahun 962 H.Dia mempunyai
pengikut-pengikut yang setia daripada bangsa keturunannya afgan sendiri yang
menggabungkan diri kepadanya.Setelah dia meninggal pada tahun 976 M,naiklah
puteranya sabaktakin.beliaulah yang menaklukan negeri kabul dan kandahar.Dengan
terbukanya negeri itu,samalah artinya dengan mendapat kunci pintu akan masuk
kedaerah india yang luas.Karena itu mulailah sabaktakin mempereguh niatnya
hendak menaklukan tanah india.Dimulailah penyerangan ke
lahore,delhi,ajmir,kanuj,kaligar dengan angkatan perang bergajah dan 100.000
orang tentara berkuda.sabaktakin digantikan oleh puteranya mahmud.
Ditahun 1009 M,diseranngnya nagarakot dan
dihancurkannya kuil-kuilnya ditahun 1014 M,ditaklukannya juga negeri dawab dan
ditahun 1019 ditaklukannya negeri kanuj dan dimakzulkannya maharajanya dan digantikannya dengan maharaja
baru yang mengakui takluk padanya.Ditshun 1021 M,mulailah diserang dan
ditaklukannya gurejati dan dihancurkannya berhala sumenat yang terkenal
besardan megah itu.
Setelah mahmud meninggal dunia,digantikanlah
baginda oleh puteranya muhammad,tetapi muhammad tidaklah lama memerintah,lalu
digantikan oleh saudaranya mas’ud ibn mahmud,mas’ud menuruti jejak
ayahnya,memperluas kuasanya (1030-1040 M).Dizamannyalah menaklukan negeri Oud
dan tanah suci orang hindu,yaitu Benares.Tetapi sepeninggal mas’ud,kerajaan
sabaktakin tidak lagi menimbulkan orang-orang yang gagah perkasa,melainkan
raja-raja yang menerima warisan daripada nenek moyang saja.
Kerajaan
Ghori
Kian lama kian mundurlah kerajaan sabaktakin,dan
naiklah kerajaan baru dari lereng pegunungan afganistan,bernama kerajaan
ghori,tempat kediaman mereka bernama firuz-koh,artinya “gunung hijau”.Nenek
moyang raja-raja ini bernama sam khan.
Ditahun 555 H,atau 1186 M,mulailah timbul rajanya
yang pertama,yang mulai pula meluaskan kekuasaannya,yaitu alaid din husain ibn
husain.Berbeda dengan kerajaan sabaktakin yang berasal dari turki turani,kerajaan
ghori berdarah afgan-ironi.Diwaktu itulah hidup imam fakhrudin al-razi,ahli
tafsir yang terkenal.Dialah satu-satunya ulama dizaman itu yang berani bercakap
terus terang dihadapan sultan memberikan nasihat keagamaan.Setelah itu naiklah
alaid din muhammad ibn sam muhammad ibn mas’ud ibn husain.
Adapun yang mendapat catatan istimewa dalam
sejarah,sebagai tambahan dari sultan mahmud ghaznawi,sehingga didalam
memperkatakan sejarah islam diindia itu,snantiasa orang menyebutkan kedua nama
inilaksana dikembarkan,ialah sultan muhammad abul-muzaffar ibn al-husain
al-ghori.
Dengan naiknya muhammad al-ghori maka seluruh
wilayah yang dahulunya dikuasai oleh kerajaan ghaznah,semuanya ditaklukan dan
dikuasainya.kota delhi baginda pilih menjadi pusat pemerintahannya.Kekuasaannya
sudah lebih luas dari kekuasaan kerajaan ghaznawi dahulu,terutama dengan
memilih delhi sebagai pusat,sebab dari sana mudah sekali membagikan kekuasaan
keseluruh benua india.Dengan naiknya muhammad al-ghori maka seluruh wilayah
yang dahulunya dikuasai oleh kerajaan ghaznah,semuanya ditaklukan dan
dikuasainya.Kota delhi baginda pilih menjadi pusat pemerintahannya.Kekuasaannya
sudah lebih luas dari kekuasaan kerajaan ghaznawi dahulu,terutama dengan
memilih delhi sebagai sat,sebab dari sana mudah sekali membagikan kekuasaan
keseluruh benua india.Maharaja-maharaja india mengakui takluk dan membayar
upeti setiap tahun.
Memeluk
diindia
Bersamaan dengan masuknya kerajaan ghori itu,ikut
dibawanya serta beberapa orng memeluk,yaitu budak-budak hamba sahaya yang
dibeli dari negeri yang berdekatan,atau anak-anak kecil dari bekas tawanan,lalu
didik dan diajar dalm keislaman dan diberi pertanggungan jawab dalam
pemerintahan,dan diajar ilmu perang,sejak darijenjang yang dibawah sekali sampai
menjabat pangkat yang tinggi-tinggi.Maka sebagai juga dimesir,memeluk
pengikutkerajaan ghori diiindia itu bukan sedikit jasanya didalam menanamkan
pengaruh islam.Selain dari keberanian dan kegigihan perang,merekapun berusaha
pula hendak menunjukan jasa dalam kebudayaan dan pembangunan.
Pengganti muhammad al-ghori tidak lain daripada
memeluknya sendiri yang bernama aibek,bergelar quttubuddin.Dikota delhi
didirikannya masjid raya yang sangat agung bernama “jami’ masjid”.Setelah aibek
meninggal dunia,naikklah menggantikannya seorangmemeluk yang lain,sebagai
seorang raja islam yang besar pula bernama al-tamasyi (1211-1236 M).Diapun
adalah seorang raja islam yang besar,pandai mengatur negeri,dan berjasa
melanjutkan perluasan kekuasaan islam sebelah utara dengan menaklukan negeri
malawa.Jasa al-tamasyi yang paling besar adalah karena kekuatan pribadinya yang
sangat teguh persiapan dan pertahanannya,dia dapat membendung penjarahan bangsa
mongol yang telah dapat menghancur leburkan samarkhan dan bakhara dan tanah-tanah
islam yang lain,yang dikepalai jengis khan.
Keluarga
Kilji
Pada tahun 1290 M,hilanglah kekuasaan kaum
memeluk.sebab setelah bulban wafat ditahun 1287 M.Setelah selesai peperangan
dengan mongol itu dilanjutkannyalah perluasan kekuasaannya diindia tengah.Dikuasainya
kembali gujerat,kemudian ditaklukannya citur,sehingga karena kuatnya negeri
citur itu dan dapat juga baginda taklukan,gelar beliau ditambah orang,”penakluk
citur”.
Keluarga
Taghlak
Pada tahun 1321 M,naik pulalah kerajaan yang baru
yaitu keluarga taghlak asal bangsa turki.Didesak dan dikalahkannya kerajaan
killji dari bangsa afgan itu,sseorang diantara rajanya ialah muhammad ibn
taghlak yang terkenal karena sangat ganasnya,sehingga rakyat penduduk
india,baik yang islamnya apatah lagi yang hindunyatidaklah tahan lagi karena
tindasannya yang tidak mengenal batas peri kemanusiaan itu,sehingga maharaja
dan amir-amir diluar delhi satu demi satu memisahkan dirinya karena jemu
melihat perangai raja itu.
Seranngan
Mongol (Timurlank)
Seketika membicarakan perkembangan kerajaan
iran,telah kita bicarakan kenaikan timurlank dengan kekejaman dan keganasannya
disamping fanatiknya memegang faham syi’ah dan mencintai juga gerakan
tasauf.Ditahun 1398 M,timurlank mulai menyerbu ke benua indiadengan tentara yang
sangat besar.Sampai disana,dimasjid agung delhi dibicarakanlah pemakluman bahwa
timurlang menjadi maharaja bagi seluruh india dan segala sultan yang lain,atau
amir lain,atau maharaja hindu,semunya adalah dibawah perlindungannya.Mereka
boleh terus memerintah,tetapi dia yang mengangkat dan menurunkan.
Setelah kemenangannya yang gilang gumilang
itu,timurlank kembali kenegerinya disamarkand karena hendak meneruskan
rancangan yang lebih besar,yaitu hendak menaklukan benua tiongkok pula.Tetapi
setelah selesai persiapan hendak berngkat,dia mangkat,sedang penggantinya
tidaklah sekuatnya lagi.
Adapun kerajaan jaunpur didirikan oleh seorang
wazir dari sultan mahmud III sultan delhi seketika timurlank menyerang
india,termasuk dalam kerajaan ini kota-kota benares dan aud.Kerajaan ini telah
meninggalkan bekas-bekas peninggalan yang indah.Diantaranya ialah masjid atala
yang dibangun pada tahun 1408 M,dan masjid a’zham (masjid agung) 1450 M.Tetapi
usia kerajaan ini tidak lama (1349 M-1477 M),karena peperangan yang selanjutnya
dengan kerajaan delhi kalah,sehingga negeri itu kembali langsung kebawah
perintah delhi.
Kerajaan
Dekan dan pecah belahnya
Kerajaan dekan adalah yang terbesar diantara
kerajaan-kerajaan islam yang melepaskan diri dari imperium delhi itu.Yang
mendirikannya adalah keluarga bahman (afgan).Pusat kerajaannya ada di kulbarga
didekat haidaraban sekarang,melingkungi antara kerajaan aidaraban sekarang
termasuk juga berar dan negeri mahrata.
Puncak kekuatan kerajaan islam dekan itu ialah
dimasa pemerintahan muhammad II bahmani (1463-1482 M) karena kecerdikan perdana
menterinya mahmu kawan.Tidak lama kemudian goapun dapat dirampas portugis.
Adapun kerajaan yang 5 itu ialah :
1.
Kerajaan barid
syah di bidar (1490
- 1657 M)
2.
Kerajaan imad syah
dibirar (1484
– 1572 M)
3.
Kerajaan nizam
syah di ahmad nagar (1496 – 1600 M)
4.
Kerajaan quthub
syah d golkond (1512 –
1687 M)
5.
Kerajaan adil syah
di baijabur (1489 – 1686 M)
Kerajaan
wijayanagar dan kehancurannya
Empat kerajaan islam yaitu ahmad-nagar,baijapur,golkond,bidar
menyusun suatu tentara besar untuk menyerang negeri wijayanagar.Diseranglah
besar-besaran oleh 4 tentara.Raja wijayanagarpun bertahan dengan gagah
perkasa,tetapi tidaklah kuat dia menangkas serangan yang hebat itu,sehingga
maharaja sendiri tewas dalam peperangan.Negeri itu dihancur-hancurkan
gedung-gedungnya yang indah,berhala dan wattnya diratakan dengan bumi dan
penduduknya ditawan (1565 M).
Komentar
Posting Komentar