Langsung ke konten utama

Peradaban Islam di Anak Benua India


Resume oleh: Novita Nur Afifah (012)
Beratus tahun sebelum nabi Isa a.s lahir,india telah menempati kedudukan yang tinggi dalam tamaddun dunia,terutama dalam soal-soal keagamaan dan metafisika.Dari sanalah timbulnya agama brahmana yang terkenal.Dan dari sana pula timbul budha gautama.Bahkan telah diselidiki bekas tamaddun dari  5000 tahun yang telah lalu dengan penggalian sisa-sisa negeri yang bernama mahendo-daro.Dari bekas-bekas runtuhan kota lama itu telah lalu didapati orang kepandaian penduduknya dalam seni bangunan ,telah diketahui  orang juga dari hal menulis,dan telah ada juga tempat-tempat mandi dan gudang-gudang didalam tanah tempat menyimpan makanan.

Hubungan dengan arab
Lantaran kemajuan yang demikian rupa niscaya telah lamalah hubungan dengan bangsa arab,walaupun sebelum islam.dizaman pemerintahan khalifah ll,saidina umar ibn al-khattab ditahun 15 hijrat,kepala perang usman ibn abilash-staqafiy telah membawa tentaranya menuju kesebelah timur.ditahun 22 h,telah sampai angkatan perangnya ke persia,masuk khorasan dan hendak ada niat meneruskannya diindia.
Dizaman pemerintahan khalifah III,saidina ustman ibn affan telah diutus pula utusan untuk meninjau keadaan wilayah india yang luas itu.Nama kepala peraturan itu Hakim Ibn Jabalah.Dia diutus oleh wali negeri diirak Abdullah Ibn Amir Ibn Qurais.Ditahun 38 dan 39 khalifah IV pula,sayidina ali ibn abi thalib telah mengutus perutusan dibawah pimpinan Al-harist ibn murrah Al-abdi. Semua utusan itu ialah hendak menambah pengetahuannya tentang perhubungan dan jalan-jalan,sehingga mudah memasukinya kelak.Maka dizaman khalifah bani umayyah yang pertama sayyidina muawiyyah ibn abi Sufyan dikirimkan angkatan perang dibawah pimpinan al-muhallab ibn abi sufrah,kepala perang yang  gagah dan berani.Perjalanannya hanya sampai kekabul (ibukota kerajaan afganistan sekarang),sampai kemuttan.Tetapi belum juga sampai ketengah-tengah benua hindia.Kemudian pergi pula zayyad dan puteranya.Sejak saat itu telah mulailah india dan jalan kesana menjadi perhatian dan minat,yang telah mulai pula orang islam berangsur-angsur mmbuat perhubungan kesana.
Pada suatu waktu terjadilah gangguan kepada orang islam itu dari pihak perampok-perampok india yang dibawah pertanggung jawaban raja dahar,dan didalamnya termasuk kaum perempaun.seketika orang-orang itu dirampok dan ditawan,memekiklah perempuan-perempuan itu menyeru-nyru nama hajjaj,”ya hajjaj,lindungi kami”.beberapa orang dapat melepaskan dirinya dan segera kembali keirak dan sampailah segera berita itu kepada hajjaj.sejak itu timbulah niat hendak menaklukan india.Maka dibentuk satu angkatan perang besar yang dipimpin muhammad ibn Al-qosim,usinya waktu itu baru  17 tahun.
Mahmud Sabaktakin
Meskipun masih dalam abad yang pertama dari hijrah nabi,tanah-tanah sind sebagai sebagian daripada india seluruhnya telah menjadi wilayah kerajaan islam dan telah berganti pemerintahan yang menguasainya dan telah tersiar kaum muslimin yang tinggal menetap disetiap negeri yang luas itu.Namun bagian terbesar dari tanah india belumlah tahkluk kebawah pimpinan islam,maka diakhir qurun yang kesepuluh hijrah,timbulah kerajaan sabaktakin yang terkenal karena gagah berani dan perkasanya berperang.Mulanya kerajaan sabaktakin hanyalah sebagai sebuah kerajaan kecil dalam perlindungan kerajaan bani saman dan nama nenek pembina kerajaan sabaktakin ialah Aip Takin.
Oleh karena timbul cemburu dari pihak induk semangnya,kerajan bani saman itu,maka aib takin meninggalkan negeri khorasan dan menyisihkan dirinya ke kaznah,suatu tempat yang sangat strategis (dalam wilayah kerajaan afganistan sekarang ini).Maka diperkuatkannyalah negeri itu,didirikannya parit dan benteng pada tahun 962 H.Dia mempunyai pengikut-pengikut yang setia daripada bangsa keturunannya afgan sendiri yang menggabungkan diri kepadanya.Setelah dia meninggal pada tahun 976 M,naiklah puteranya sabaktakin.beliaulah yang menaklukan negeri kabul dan kandahar.Dengan terbukanya negeri itu,samalah artinya dengan mendapat kunci pintu akan masuk kedaerah india yang luas.Karena itu mulailah sabaktakin mempereguh niatnya hendak menaklukan tanah india.Dimulailah penyerangan ke lahore,delhi,ajmir,kanuj,kaligar dengan angkatan perang bergajah dan 100.000 orang tentara berkuda.sabaktakin digantikan oleh puteranya mahmud.
Ditahun 1009 M,diseranngnya nagarakot dan dihancurkannya kuil-kuilnya ditahun 1014 M,ditaklukannya juga negeri dawab dan ditahun 1019 ditaklukannya negeri kanuj dan dimakzulkannya  maharajanya dan digantikannya dengan maharaja baru yang mengakui takluk padanya.Ditshun 1021 M,mulailah diserang dan ditaklukannya gurejati dan dihancurkannya berhala sumenat yang terkenal besardan megah itu.
Setelah mahmud meninggal dunia,digantikanlah baginda oleh puteranya muhammad,tetapi muhammad tidaklah lama memerintah,lalu digantikan oleh saudaranya mas’ud ibn mahmud,mas’ud menuruti jejak ayahnya,memperluas kuasanya (1030-1040 M).Dizamannyalah menaklukan negeri Oud dan tanah suci orang hindu,yaitu Benares.Tetapi sepeninggal mas’ud,kerajaan sabaktakin tidak lagi menimbulkan orang-orang yang gagah perkasa,melainkan raja-raja yang menerima warisan daripada nenek moyang saja.
Kerajaan Ghori
Kian lama kian mundurlah kerajaan sabaktakin,dan naiklah kerajaan baru dari lereng pegunungan afganistan,bernama kerajaan ghori,tempat kediaman mereka bernama firuz-koh,artinya “gunung hijau”.Nenek moyang raja-raja ini bernama sam khan.
Ditahun 555 H,atau 1186 M,mulailah timbul rajanya yang pertama,yang mulai pula meluaskan kekuasaannya,yaitu alaid din husain ibn husain.Berbeda dengan kerajaan sabaktakin yang berasal dari turki turani,kerajaan ghori berdarah afgan-ironi.Diwaktu itulah hidup imam fakhrudin al-razi,ahli tafsir yang terkenal.Dialah satu-satunya ulama dizaman itu yang berani bercakap terus terang dihadapan sultan memberikan nasihat keagamaan.Setelah itu naiklah alaid din muhammad ibn sam muhammad ibn mas’ud ibn husain.
Adapun yang mendapat catatan istimewa dalam sejarah,sebagai tambahan dari sultan mahmud ghaznawi,sehingga didalam memperkatakan sejarah islam diindia itu,snantiasa orang menyebutkan kedua nama inilaksana dikembarkan,ialah sultan muhammad abul-muzaffar ibn al-husain al-ghori.
Dengan naiknya muhammad al-ghori maka seluruh wilayah yang dahulunya dikuasai oleh kerajaan ghaznah,semuanya ditaklukan dan dikuasainya.kota delhi baginda pilih menjadi pusat pemerintahannya.Kekuasaannya sudah lebih luas dari kekuasaan kerajaan ghaznawi dahulu,terutama dengan memilih delhi sebagai pusat,sebab dari sana mudah sekali membagikan kekuasaan keseluruh benua india.Dengan naiknya muhammad al-ghori maka seluruh wilayah yang dahulunya dikuasai oleh kerajaan ghaznah,semuanya ditaklukan dan dikuasainya.Kota delhi baginda pilih menjadi pusat pemerintahannya.Kekuasaannya sudah lebih luas dari kekuasaan kerajaan ghaznawi dahulu,terutama dengan memilih delhi sebagai sat,sebab dari sana mudah sekali membagikan kekuasaan keseluruh benua india.Maharaja-maharaja india mengakui takluk dan membayar upeti setiap tahun.
Memeluk diindia
Bersamaan dengan masuknya kerajaan ghori itu,ikut dibawanya serta beberapa orng memeluk,yaitu budak-budak hamba sahaya yang dibeli dari negeri yang berdekatan,atau anak-anak kecil dari bekas tawanan,lalu didik dan diajar dalm keislaman dan diberi pertanggungan jawab dalam pemerintahan,dan diajar ilmu perang,sejak darijenjang yang dibawah sekali sampai menjabat pangkat yang tinggi-tinggi.Maka sebagai juga dimesir,memeluk pengikutkerajaan ghori diiindia itu bukan sedikit jasanya didalam menanamkan pengaruh islam.Selain dari keberanian dan kegigihan perang,merekapun berusaha pula hendak menunjukan jasa dalam kebudayaan dan pembangunan.
Pengganti muhammad al-ghori tidak lain daripada memeluknya sendiri yang bernama aibek,bergelar quttubuddin.Dikota delhi didirikannya masjid raya yang sangat agung bernama “jami’ masjid”.Setelah aibek meninggal dunia,naikklah menggantikannya seorangmemeluk yang lain,sebagai seorang raja islam yang besar pula bernama al-tamasyi (1211-1236 M).Diapun adalah seorang raja islam yang besar,pandai mengatur negeri,dan berjasa melanjutkan perluasan kekuasaan islam sebelah utara dengan menaklukan negeri malawa.Jasa al-tamasyi yang paling besar adalah karena kekuatan pribadinya yang sangat teguh persiapan dan pertahanannya,dia dapat membendung penjarahan bangsa mongol yang telah dapat menghancur leburkan samarkhan dan bakhara dan tanah-tanah islam yang lain,yang dikepalai jengis khan.
Keluarga Kilji
Pada tahun 1290 M,hilanglah kekuasaan kaum memeluk.sebab setelah bulban wafat ditahun 1287 M.Setelah selesai peperangan dengan mongol itu dilanjutkannyalah perluasan kekuasaannya diindia tengah.Dikuasainya kembali gujerat,kemudian ditaklukannya citur,sehingga karena kuatnya negeri citur itu dan dapat juga baginda taklukan,gelar beliau ditambah orang,”penakluk citur”.
Keluarga Taghlak
Pada tahun 1321 M,naik pulalah kerajaan yang baru yaitu keluarga taghlak asal bangsa turki.Didesak dan dikalahkannya kerajaan killji dari bangsa afgan itu,sseorang diantara rajanya ialah muhammad ibn taghlak yang terkenal karena sangat ganasnya,sehingga rakyat penduduk india,baik yang islamnya apatah lagi yang hindunyatidaklah tahan lagi karena tindasannya yang tidak mengenal batas peri kemanusiaan itu,sehingga maharaja dan amir-amir diluar delhi satu demi satu memisahkan dirinya karena jemu melihat perangai raja itu.
Seranngan Mongol (Timurlank)
Seketika membicarakan perkembangan kerajaan iran,telah kita bicarakan kenaikan timurlank dengan kekejaman dan keganasannya disamping fanatiknya memegang faham syi’ah dan mencintai juga gerakan tasauf.Ditahun 1398 M,timurlank mulai menyerbu ke benua indiadengan tentara yang sangat besar.Sampai disana,dimasjid agung delhi dibicarakanlah pemakluman bahwa timurlang menjadi maharaja bagi seluruh india dan segala sultan yang lain,atau amir lain,atau maharaja hindu,semunya adalah dibawah perlindungannya.Mereka boleh terus memerintah,tetapi dia yang mengangkat dan menurunkan.
Setelah kemenangannya yang gilang gumilang itu,timurlank kembali kenegerinya disamarkand karena hendak meneruskan rancangan yang lebih besar,yaitu hendak menaklukan benua tiongkok pula.Tetapi setelah selesai persiapan hendak berngkat,dia mangkat,sedang penggantinya tidaklah sekuatnya lagi.
Adapun kerajaan jaunpur didirikan oleh seorang wazir dari sultan mahmud III sultan delhi seketika timurlank menyerang india,termasuk dalam kerajaan ini kota-kota benares dan aud.Kerajaan ini telah meninggalkan bekas-bekas peninggalan yang indah.Diantaranya ialah masjid atala yang dibangun pada tahun 1408 M,dan masjid a’zham (masjid agung) 1450 M.Tetapi usia kerajaan ini tidak lama (1349 M-1477 M),karena peperangan yang selanjutnya dengan kerajaan delhi kalah,sehingga negeri itu kembali langsung kebawah perintah delhi.
Kerajaan Dekan dan pecah belahnya
Kerajaan dekan adalah yang terbesar diantara kerajaan-kerajaan islam yang melepaskan diri dari imperium delhi itu.Yang mendirikannya adalah keluarga bahman (afgan).Pusat kerajaannya ada di kulbarga didekat haidaraban sekarang,melingkungi antara kerajaan aidaraban sekarang termasuk juga berar dan negeri mahrata.
Puncak kekuatan kerajaan islam dekan itu ialah dimasa pemerintahan muhammad II bahmani (1463-1482 M) karena kecerdikan perdana menterinya mahmu kawan.Tidak lama kemudian goapun dapat dirampas portugis.
Adapun kerajaan yang 5 itu ialah :
1.      Kerajaan barid syah di bidar                            (1490 - 1657 M)
2.      Kerajaan imad syah dibirar                              (1484 – 1572 M)
3.      Kerajaan nizam syah di ahmad nagar              (1496 – 1600 M)
4.      Kerajaan quthub syah d golkond                     (1512 – 1687 M)
5.      Kerajaan adil syah di baijabur                         (1489 – 1686 M)
Kerajaan wijayanagar dan kehancurannya
Empat kerajaan islam yaitu ahmad-nagar,baijapur,golkond,bidar menyusun suatu tentara besar untuk menyerang negeri wijayanagar.Diseranglah besar-besaran oleh 4 tentara.Raja wijayanagarpun bertahan dengan gagah perkasa,tetapi tidaklah kuat dia menangkas serangan yang hebat itu,sehingga maharaja sendiri tewas dalam peperangan.Negeri itu dihancur-hancurkan gedung-gedungnya yang indah,berhala dan wattnya diratakan dengan bumi dan penduduknya ditawan (1565 M).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL HAKIM, MAHKUM FIH DAN MAHKUM ALAIH

Oleh: Siti Farida Sinta Riyana (11510080); Nur Aufa Handayani (11510081); Ahmad Ali Masrukan (11519985); Mayura (11510096); dan Muryono ( 11511038) A.       Al Ahkam 1.         Pengertian Al-Ahkam (hukum), menurut bahasa artinya menetapkan sesuatu atas sesuatu. Sedang menurut istilah ialah ‘Khithab (titah) Allah Swt. atau sabda Nabi Muhammad Saw. yang berhubungan dengan segala amal perbuatan mukallaf , baik itu mengandung perintah, larangan, pilihan, atau ketetapan.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KHILAFIYAH

Disusun Oleh : Abdul Majid (111-11-074); Irsyadul Ibad (111-11-094);  dan Dwi Silvia Anggraini   (111-11-095) PENDAHULUAN Perbedaan selalu ada dalam kehidupan karena hal ini merupakan sunah Rasul yang berlaku sepanjang masa. Perbedaan juga terjadi dalam segi penafsiran dan pemahaman hukum yang berlaku. Seperti yang kita ketahui hukum tidaklah sekaku dalam hal penerapannya pada masa awal islam, pada masa itu Nabi Muhammad sebagai tolak ukur  dan akhir dari setiap permasalahan yang ada pada masa itu. Akan tetapi perbedaan itu semakin jelas terlihat ketika era para sahabat dan para tabi’in yang ditandai dengan adanya berbagai aliran atau madzhab yang bercorak kedaerahan dengan tokoh dan kecenderungan masing-masing.

HUKUM SYAR’I (ا لحكم الشر عي)

OLEH: Ulis Sa’adah (11510046); Langga Cintia Dessi (11510089); dan Eka Jumiati (11510092) A.       HAKIKAT HUKUM SYAR’I Menurut para ahli ushul fiqh (Ushuliyun), yang dikatakan hukum syar’i ialah khitab (sabda) pencipta syari’at yang berkaitan dengan perbuatan orang-orang mukallaf yang mengandung suatu tuntutan, atau pilihan atau yang menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau penghalang bagi adanya sesuatu yang lain.