Resume oleh: Wulan Vita Sari (100)
A.
Pada awal periode, Abasiyah
mengalami kejayaan, akan tetapi persoalam persoalan politik telah menyebabkan
keruntuhan dinasti bani abasiyah di kemudian
hari. Dengan adanya perselisihan tsb, di sentegrasi tidak dpatdi elakkan
lagi.
Menurut watt , sebenarnya keruntuhan bani atas
terlihat mulai sejak awal abad ke Sembilan masehi. Nampaknya para kholifah
tdk sadar akan bahaya politik dari fanatisme kebangsaan dan aliran keagamaan
itu, sehingga meskipun di rasakan dalam hampirsmua khidupan seperti dlm hmpir
semua kehidupan seperti dlm kesusasteraan dan karya2 ilmiah.
B.
Perkenbangan islam pada masa
dinas fatimiyah
1.
Latar belakang berdirinya
dinasti fatimiyah .
Dinasti fatimiyah brkuasa do afrika utara dan
mesir dari tahun 287 H \ 909 M smpai 567 H\ 1171 M, selama lebih kurang 262 th.
Padasaat ubaidillh tinggal di salamiuah di
suriyah , pengakuanya bahwa dirinya adlah keturunan ismail (imam ygdi yakini
oleh syiah ismailiyah sbg penerus ja’far as sadiq ) mendapattantangan yg keras
dan penolakan dari pengikut ismailiyah di daerah tsb, sehingga bano kuramitah
yg menguasai suriah mengusirnya dari salamiyah .
Dinasti mengambil namanya dari Fatimah azzahra
putri rasullah SAW, karena para kholifah fatimiyah mengembalikan asal usul
mereka kpdali bin abo thalib Ra dn fatimiyah binti muhammmad SAW.
Hal out di sebabkan karena gerakan syiah pda
umumnya menerapkan ajaran aqiyah / underground sehingga sring kali asal usul
para imam mereka suliddi lacak.
2.
Kholifah Kholifah Fatimiyah
yang menonjol
Dimasti fatimiyah berlangsung kbih kurang 2,5
abad lamanya mulai 909 M / 1173 M .jumlah khalifah seluruhnya 14 org, semuanya
adl pra imam syiah islamiyah.
a.
Al Mabdi (909-924 M).
Ubaidillah al mabdi adl khalifah pertama
dinasti fatimiyah ia dtangdari afrika utara , dmn propaganda syi’I telah
menciptakan kondisi yg baik bgo kedatangan nya.
Pada thun 909 M ,dialah yg memproklamasikan
brdirimya khalifah fatimiyah yg terlepas dri kekuasaan abasiyah . dlm proses
tsb, pdth 920 M , ia telah berhasik mendirikan sbiah kota yg baru dn di jadikan
sbg obu kota , yaitu mahdiah yg terletak di pesisir pantau Tunisia .
b.
Al Qa’im (934-946M)
Setelah al mahdi meninggal, ia di gnti olh
putranya yg bernama abdul qasim dn bergelar al Qa’im . ia meneruskan kebijakan
yg di ambil ayahnya dgn mengirimkan armadanya dn mampu menghancurkan pesisir
Calabria th 946 m. abu yazid yg berulang kali menaklukan pasukan al Qa’im
akhirnya berhasil mengepung jg.sengan wafatnya al Qa’im pd th 946 M maka
berakhirlah kekuasaanya dn di lnjutkan olh putranya al Mansur.
c.
Al Mansur (946-953 M)
Perjuangan yg di lakukan olh ayahnya tlah
mencapai kberhasilan yg gemilang di bawah kekuasaanya, ia berhasil menunduk kan
abu yazid dn pasukanya . bahkan mereka turut membantu exspansi hingga keseluruh
afrika , di snalah ia membuat kota ygdi beri nama al-nashuriyah.
d.
Al Mu’iz (953-975 M)
Keberhasilan yg telah di capai al mansur di
lanjutkan olh putranya yg nrnama abu tamim ma’ad dgn gelar al mu’iz. Pda awal
pemerintahanya al mu’iz brhasik menaklukan maroko, sisikia dn mesirdgn memasuki
kota lama fusthat dn menyingkirkan dinasti ikhsidiyah.
e.
Al Aziz (975-996 M)
AL aziz putra al mu’iz dgn sifat
pemberani,bijaksana,penyayang,ramah dan pendamai. Membuatnya berhasil mengadakan
exspansi wolayah scara besar2an . beliau jgdi kenal sbg khalifah yg pandai
,pencinta ilmu dn ambisius pada masa aziz inilah kejayaan fatimiyah semakin di
sempurnakan dgn berbagai prestasi baik di bidang politik ,ekonomi social dn
ilmu pngetahian .
f.
Al Hakim (996-1021 M)
Al hakim adlh seorang penguasa yg sngat kjam
,ia membunuh sejumlah tokoh kerajaan tanpa alas an. Ini di sebabkan karena
usianya masih muda (11 th) ketika jd penguasa mnjadikan ayahnya pdth 996 M .
Padaawal pemerintahanya ,tdk ada kestabilan
.aecara komparatifka kaum Kristen dn yahudi di perlakukan dgn baik .selama
pemerintahan al hakimlah geraka religius syi’i
yg ekstrim ,yaitu deuze muncul di suriah selatan dn labonan .
C.
Kemunduran Dinasti Ftimiyah
Hampirsekitar 50 th
dinasti ini menapaki sejarah keemasanya sjak masa pemerintah al mu’iz dn mulai
menurun setelah brakhirnya masa pemerintahan al hakim. Kebijakanya yg sering
inkosisten tlah menimbulkan kegoncangan politik dn disintegrasi di msyarakat.
Ia membunuh bberapa wazir , merusak bberapa gereja Kristen termasuk gereja holy
sepulbe (makam suci ) di palestina.
Pengganti al hakim , al
zahirnaik tahta dlm usia yg relative belia . ia berusaha nenarik simpati kaum
dzimmi dn sunni. Belia di gmtikan outranya abu tamim ma’ad al muntasir.
Pada masa al muntasir
ini kekuasaan dinasti fatimiyah di wilayah suriah mulai terkoyak dgn cpt. Pd th
1052 ,suku arab yg terdiri dri bani hilal dn bani sulaim yg mendiami dataran
tinggi mesir memberontak.
Pada masa sepeninggal
al muntasir , gerakan ismailiyah mengalami perpecahan serius dgn adanya dua
kelompok yg berada di blakang kdua putra al muntasir yakni nozar dn al mustakli
.secara garis besar ,kemunduran dn keruntuha dinasti fatimiyah di sebabkan oleh
bberapa faktorsbg berikut :
Konflik internal antar
para elitnya yg cukup dahsyat dn berkepanjangan . selain konflik internal yang muncul di dlm kedinastian
fatimiyah jg di karenakan adanya 3 bangsa besar yg sama2 mempunyai pengaruh dn
menjadi pendukung utama kekuasaan fatimiyah. Adanya kenyataan bahwa meski dinasti
fatimiyah telah brkuasa di mesir hamper 200 th , ternyata secara ideologis
belum berhasil membumikan doktrin ideologo syo’ah islamiyah. Msyarakat muslim
di mesirternyata masih tetap setia kpd
ideology sunni.
Pukulan menentukan dari
kehancuran fatimiyah terjadi pd masa pemerintahan kholifah al adid lidinillh.
Pasukan nurudin zinki yg di pimpin panglima besar shalahuddin al ayubi dapat
mengusir pasukan salib dri mesir dn menaklukan kekuasaan wazir dari khalifah al
adid . setelah al adid wafat pd th 1171, shalahudin al ayubi tdk lagi
mengangkat khalofah dari fatimiyah.
D.
Kemajuan peradaban islam pd
masa dinasti fatimiyah
1.
Di bidang politik dn
pemerintahan
Dinasti fatimiyah bukanlah wilayah gubernuran
dr rezim abasiyah di Baghdad. Semenjak awal berdirinya fatimiyah merupakan
rezim revolusioner yg mengklaim otoritas universal khlalifah ialamiyah
,sebagaimana klaim abasiyah di Baghdad dn umayah di Andalusia .
Para kholifah fatimiyah tdk hanya pemimpin
politik dn pemerintahan .
System pemerintahan yg di anut olh fatimiyah
bercorak teokrasi ,bahwasanya kholifah atau imam di tentukan olh wasiat sperti
yg mereka yakini bhwa nabi Muhammad SAW ,
Demikian halnya ketika para khalifah fatimiyah
menjelang wafat ia akan menunjukkan calon penggantinya dari nasabnya dn akan di
lantik setelah pendahulunya wafat.
Sedangkan stabilitas politik dlm megri pda
periode 969 M / 1021 cenderung stabil , sehingga dlmn masa kini di kenal masa
konsolidasi keagamaan dn politik .
Sedangkan hubungan luar ngri fatimiyah dgn
umayah di Andalusia tdk jauh beda dgn abasiyah di Baghdad . adapun hubungan
fatimiyah dgn bizantun romawi , tdk lah sekonfrontasi mereka dgn kekhalifahan
islam.
2.
Bidang sosial
Paham syi’ah islamiyah yg di anut fatimiyah tdk
sepenuhnya dpt di lakukan pd mayarakat mesir yg mayoritas sunni. Bahkan
terkadang kebijakan2 itu trasa keras dn kejam kpd penganut sunni. Namun
terkadang sifat keras itu melunak dn memberikan kebebasan kpd pnganut sunni
untk memperoleh hak social dn keagamaan.
3.
Bidang ekonomi
Secara geografis , mesiryg merupakan basis
utama kekiasaan dinasti fatimiyah sangatlah strategis untk jalur pelayaran dn
perdagangan , jg sangat subur untuk pertanian . kemakmuran ekonomi suatu
masyarakat tdk dapat terlepas dari kemampuan sumbr daya manusianya intuk
mengelola sumbr daya alam yg di milikinya.
Hal lain yg di capai olh dinasti fatimiyah di
bidang perekonomian adlh mengelola aliran sungai nil sbg irigasi induk untk
pertanian gandum.
Adapun sumber devisa Negara di antaranya
berasal dari pajak atau kharaj baik pajak harta , penghasilan, hasil panen dn
pajak laum dzimmi.
Bea cukai pedagangan dn produk yg do pasarkan
di pelabuhan2 mesir.
Demikianlah
kekuasaan islam dlm kepemimpinan bani umayah di timur. Meskipun dlm pembentukan
monarki arab dgn mengandaikan panglima2 arab lapisan aristrokrasi yg
sesungguhnya berlawanan dgn kebijaksanaan nabi dn para khalifah sebelumnya.
Bagaimanapun ia telah memperkenalkan dn memperkembangkan lembaga2 istimewa dari
pemerintaha islam.
Komentar
Posting Komentar