Mata Kuliah : Sirah Nabawiyah
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Program : Strata Satu (S-1)
Bobot : 2 sks
Semester/Kelas :
I/ABC
Pengampu :
Sukron Ma’mun, SHI, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa memahami sejarah kehidupan
Muhammad, mampu mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya dan meneladaninya
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
Kompetensi :
1. Menjelaskan
keadaan bangsa Arab pra-Islam
2. Menjelaskan
kehidupan Muhammad sebelum diangkat menjadi rasul
3. Menjelaskan kepribadian
Muhammad
4. Menjelaskan
perjalanan dakwah Rasulullah, tantangan yang dihadapinya, serta upaya yang
dilakukannya
5. Menjelaskan sistem
sosial dan budaya Islam pada masa masa Rasulullah.
6. Menjelaskan tatanan
sosial-politik umat Islam di Yastrib
7. Menjelaskan peristiwa
Fatkhul Makkah
8. Menjelaskan
masa sakit dan wafatnya Muhammad.
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
I
|
Bangsa Arab Pra Islam, Makkah,
Ka’bah dan Kaum Quraisy
|
II
|
Geneologi Rasulullah
|
III
|
Kelahiran Rasulullah
|
IV
|
Masa kecil Rasulullah hingga remaja
|
V
|
Pernikahan Rasul hingga sejarah
kerasulan
|
VI
|
Wahyu pertama dan orang-orang
pertama yang memeluk Islam
|
VII
|
Tahapan dakwah dan tantangan dakwah
Rasul
|
VIII
|
UTS
|
IX
|
Dlipomasi Quraisy
dan Pencarian Suaka Politik Ke Habsyi
|
X
|
Ke Thaif dan peristiwa Isra Mi’raj
|
XI
|
Hijrah Ke Yastrib
|
XII
|
Pasca Hijrah dan Pembentukan
masyarakat Islam
|
XIII
|
Peperangan penting semasa Rasulullah
|
XIV
|
Fathul Makkah
|
XV
|
Haji Wada dan Wafatnya Rasulullah
|
XVI
|
UAS
|
Referensi :
1. Al Hamid
Husaini, 1992, Riwayat Kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW, Jakarta:
Pustaka Hidayah.
2. M. Husen
Haekal, 1990, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta: Tintamas Indonesia.
3. Ja’far Subhani,
2002, Ar-Risalah; Sejarah Kehidupan
Rasulullah, Jakarta: Penerbit Penerbit Lenera.
4.
Philip
K Hitti, 2008, History
of the Arabs,
terj. R. Cecep LY dan Dedi Selamet R, Jakarta: Serambi.
5.
A Syalabi, Sejarah
Kebudayaan Islam Jilid I (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988).
6.
Dan lain-lain
Stategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan dilaksanakan
dengan tiga model pendekatan; (1) Ceramah kelas yang disampaikan dosen sebagai
pengantar perkuliahan, (2) Analisa materi Pendidikan Kewarganegaraan yang
dilakukan secara individu/kelompok untuk kemudian didiskusikan di kelas, (3)
Penugasan akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini akan
dievaluasi berdasarkan tiga kreteria:
1)
Hasil tugas
individu/kelompok
2)
Kehadiran dan partisipasi
kelas
3)
Nilai Mid semester
dan ujian akhir semester
Lain-lain
1. Kehadiran kelas didasarkan pada
ketentuan yang berlaku di lingkungan STAIN Salatiga (minimal 75 %)
2. Hal-hal berkaitan dengan proses
pembelajaran dan persoalan yang dialami oleh mahasiswa terkait dengan materi
kuliah harap dikonsultasikan dengan dosen pengampu.
Komentar
Posting Komentar