Outline Perkuliahan
Mata Kuliah : Sejarah Peradaban
Islam
Jurusan : Tarbiyah dan Syariah
Program Studi : PGMI dan HES
Program : Strata Satu (S-1)
Bobot : 2 sks
Semester/Kelas :
II/A, B, C
Pengampu :
Sukron Ma’mun, SHI, M.Si
Kompetensi dasar :
Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui sejarah Peradaban dan
Pemikiran Islam mulai periode klasik hingga awal periode pertengahan. Titik
tekannya pada pemahaman peradaban sosial, politik, ekonomi, budaya, dan
keilmuan yang berkembang pada masing-masing perode.
Indikator
Kompetensi :
1. Menjelaskan
Sejarah
Peradaban Islam para masa periode klasik hingga awal periode pertengahan.
2. Menjelaskan
faktor-faktor
kemajuan dan kemunuran pada setiap dinasti yang pernah ada selama sejarah Islam
periode klasik hingga awal periode pertengahan.
3. Menjalskan peradaban sosial,
politik, ekonomi, budaya, dan keilmuan yang tumbuh pada setiap periode.
4. Mengkritisi sistem
sosial, politik, budaya, dan ekonomi setiap periode.
Topik Inti :
Pert.
|
Topik
|
Referensi
|
Keterangan
|
I
|
Pengantar Sejarah Peradaban Islam;
sktesa teori dan metodologi sejarah
|
Siti Maryam dkk., Sejarah Peradaban Islam; Dari Masa Klasik
Hingga Modern (Yogyakarta: LESFI, 2004).
|
Cemarah dan diskusi
|
II
|
Peradaban Arab Pra Islam
|
Philip K Hitti, Dunia Arab Sejarah Ringkas (Bandung: Sumur Bandung, tt).
HAMKA, Sejarah Umat Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1981)
A. Hasjmy, Sejarah Kebudyaan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1975).
|
Cemarah dan diskusi
|
III
|
Peradaban Islam pada Masa Rasulullah
(Makkah-Madinah)
|
Ahmad Syalabi, Sejarah dan
Kebudayaan Islam, Jilid I. terjemahan oleh Muhtar Yahya (Jakarta: Pustaka
Al-Husna Baru, 2007).
Siti Maryam dkk., Sejarah Peradaban Islam; Dari Masa Klasik
Hingga Modern (Yogyakarta: LESFI, 2004).
|
Cemarah dan diskusi
|
IV
|
Peradaban Islam pada Masa
Khulafaurasidin
|
A Hasjmy, Sejarah Kebudyaan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1975).
M Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2007).
|
Cemarah dan diskusi (I)
|
V
|
Peradaban Islam pada masa Dinasti
Umayyah di Damaskus
|
M Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2007).
|
Cemarah dan diskusi (II)
|
VI
|
Peradaban Islam pada Masa peradaban Islam bani Umayah
di Andalusia
|
Siti Maryam dkk., Sejarah Peradaban Islam; Dari Masa Klasik
Hingga Modern (Yogyakarta: LESFI, 2004).
|
Cemarah dan diskusi (III)
|
VII
|
Peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah (bag.I)
|
M Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2007).
A Hasjmy, Sejarah Kebudayaan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
|
Cemarah dan diskusi (IV)
|
VIII
|
UTS
|
||
IX
|
Peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
(bag.II)
|
A Hasjmy, Sejarah
Kebudayaan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
|
Cemarah dan diskusi (V)
|
X
|
Peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
(bag.III)
|
A Hasjmy, Sejarah Kebudayaan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
|
Cemarah dan diskusi (VI)
|
XI
|
Peradaban Islam di Afrika bag. I
(Dinasti
Fatimiyah di Mesir)
|
Hanung Hasbullah, dkk., Mozaik Sejarah Islam (Yogyakarta:
Nusantara Press, 2010).
|
Cemarah dan diskusi (VII)
|
XII
|
Peradaban Islam di Afrika bag. II
(Masuknya Islam di Afrika Sub-Sahara)
|
M Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2007).
|
Cemarah dan diskusi
|
XIII
|
Peradaban Islam di Anak Benua India
|
M Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2007).
|
Cemarah dan diskusi (VIII)
|
XIV
|
Peradaban Islam di Asia Tenggara pra-modern
|
Siti Maryam dkk., Sejarah Peradaban Islam; Dari Masa Klasik
Hingga Modern (Yogyakarta: LESFI, 2004).
|
Cemarah dan diskusi (IX)
|
XV
|
UAS
|
Sumber bacaan lain :
A Hasjmy, Sejarah
Kebudayaan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1973.
Ahmad
Syalabi, Prof. Dr, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jilid I. terjemahan
oleh Prof Dr H Muhtar Yahya, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2007.
Ajid Thahir, Perkembangan
Peradaban Di Kawasan Dunia Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Ali
Mufrodi, Dr., Islam di Kawasan Kebudayaan Arab, Jakarta: Logos Wacana
Ilmu, 1997.
Hassan Ibrahim Hassan, Sejarah dan
Kebudayaan Islam, Yogyakarta: Kota Kembang, 1989.
Ira M
Lapidus, Sejarah Sosial Ummat Islam, Bagian Satu dan Dua, Jakarta:
Rajawali Press, 1999.
Philip K Hitti, History of the Arabs,
terj. R. Cecep LY dan Dedi Selamet R, Jakarta: Serambi, 2008.
Siti Maryam dkk., (Ed), Sejarah
Peradaban Islam dari Masa Klasik Hingga Modern, Yogyakarta, Jurusan SPI
Fak. Adab IAIN Sunan Kalijaga dan LESFI, 2002.
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam,
Jakarta: Raja Grafindo Persada,1993.
Marsall GS Hodgson, The Venture of Islam;
Iman dan Sejarah Peradaban Dunia, Jakarta: Paramadina, 1999.
Prof. Dr HAMKA, Sejarah Kebudyaaan
Islam, Jilid I, Jakarta: Bulan Bintang, 1981.
Stategi Pembelajaran
Pembelajaran ini akan dilaksanakan
dengan tiga model pendekatan; (1) Ceramah kelas yang disampaikan dosen sebagai
pengantar perkuliahan, (2) Analisa materi dengan melakukan review book yang
dibebankan secara kelompok/individu untuk kemudian didiskusikan di kelas, (3)
Penugasan akhir perkuliahan.
Evaluasi Pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini akan
dievaluasi berdasarkan tiga kreteria:
1)
Hasil tugas
individu/kelompok
2)
Kehadiran dan
partisipasi kelas
3)
Nilai Mid semester
dan ujian akhir semester
Ketentuan Penulisan Tugas Review
a)
Menurut
sistematika penulisan ilmiah.
b)
Mencantumkan semua
rujukan yang dipakai dengan menggunakan footnote/end note, dengan
menyebut pengarang, judul buku, tempat penerbitan, penerbit, tahun dan halaman
rujukan. Jika ditulis dalam bentuk bottom note disebutkan penulis, tahun
terbit, dan halaman rujukan. Data dari website ditulis lengkap, nama, judul
tulisan, alamat website, tanggal, bulan, dan tahun akses. Di bagian akhir
ditulis semua daftar bacaan/referensi.
c)
Ditulis dengan
huruf standard (font dan ukuran yang formal) panjang minimal 5 halaman,
spasi 1,5, dan kertas kuarto (A4).
d)
Makalah cukup
distaples rapi dan tidak perlu dijilid mika atau sejenisnya.
e)
Makalah dinilai
berdasarkan content (isi), bahasa yang digunakan (EYD), nalar logis, dan
presentasi kelas.
Lain-lain
1. Kehadiran kelas didasarkan pada
ketentuan yang berlaku di lingkungan STAIN Salatiga.
2. Hal-hal berkaitan dengan proses
pembelajaran dan persoalan yang dialami oleh mahasiswa terkait dengan materi
kuliah harap dikonsultasikan dengan dosen pengampu.
Komentar
Posting Komentar